Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 09 Oktober 2022, 09:32 WIB
Last Updated 2022-12-08T07:13:33Z
AdvertorialArtikelDairiGerakan Masyarakat Sehat

Yok, Dukung Germas Untuk Masyarakat Dairi yang Unggul

Pertemuan orientasi penggerakan Germas lintas sektor, Jumat (17/12/2021). (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi salah satu program yang gencar di lakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.


Tujuannya mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat sehingga berdampak kepada terjaganya kesehatan, lebih produktif, lingkungan bersih, dan biaya berobat berkurang.


Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan tantangan besar saat ini adalah adanya pergeseran pola penyakit, meningkatnya penyakit tidak menular seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kanker dan Diabetes di banding penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare.


Karena itu Germas menjadi bagian program mewujudkan masyarakat sehat untuk Dairi yang Unggul.


dr. Hendrik Manik, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi memaparkan praktik pola hidup sehat harus di mulai dari diri sendiri.


“Hidup sehat pasti dambaan semua orang. Tapi kadang gak semua tau dan melakukannya,” kata dr. Hendrik, Jumat (7/10/2022).


Tanpa di sadari, kata dr. Hendrik banyak pola gaya hidup sekarang ini menjadi penyebab tak sehat.


Dicontohkannya, seperti jarang beraktivitas fisik, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan gorengan dan berlemak, minum minuman bersoda, merokok dan lain sebagainya.


Pola kehidupan seperti ini menurut dr. Hendrik akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, gangguan pencernaan, kanker paru, stroke, jantung, kerusakan organ dan lain sebagainya.


Dan tentunya akan berdampak pada kematian.


Karena itu dr. Hendrik Manik mengajak masyarakat Kabupaten Dairi untuk mulai berperilaku hidup sehat.


“Masyarakat sehat, Dairi akan unggul,” ujarnya.


Olah raga pagi di lingkungan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi. (Foto/Dinkes Dairi)

APA itu Germas

Germas adalah Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.


Gerakan Nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI ini mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.


Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.


Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.


Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.


“Kesadaran menjalani hidup sehat masih rendah, karena belum tahu cara mudah dan praktis menerapkannya. Jadi semua lapisan masyarakat harus melakukannya,” kata dr. Hendrik Manik.


Skrining PTM oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi. (Foto/Dinkes Dairi)


Germas di Kabupaten Dairi


Penyakit tidak menular perlu dicegah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), karena itu di Kabupaten Dairi, sosialisasi Germas gencar dilakukan sampai ke semua lapisan masyarakat.


dr. Hendrik Manik Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi mengatakan, Germas bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.


Caranya dengan  mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari, menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing , menyediakan kurikulum pendidikan, fasilitas olah raga, taman sayur dan buah, fasilitas kesehatan, transportasi,  kawasan tanpa rokok, taman untuk beraktivitas, Iklan Layanan Masyarakat, car free day, dan lain sebagainya.


“Tentunya di mulai dari diri sendiri, dapat dilakukan dimana saja,” ujar dr. Hendrik.


Seperti aktifitas fisik katanya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Di rumah misalnya bisa di lakukan dengan aktifitas menyapu dan mencuci.


Ke kantor misalnya bisa dilakukan dengan berjalan kaki.


Kemudian di sekolah dengan berolahraga.


Bahkan di tempat kerja bisa di lakukan dengan perenggangan oto, atau bersepeda di tempat umum.


Kampanye makan buah dan sayur bersama OPD dan masyarakat sekitar Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi. (Foto/Dinkes Dairi).


Tahun 2021 lalu, Germas di Kabupaten Dairi di sosialisasikan dengan 3 program kegiatan.


Pertama sosialisasi gizi seimbang dan kampanye isi piringku.


Kedua penggerakan Germas dan Ketiga kampanye melalui Radio dan SMS Blast.


Sosialisasi gizi seimbang dan kampanye isi piringku di lakukan dengan melibatkan peserta sosialisasi dari  PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, Organisasi profesi  seperti IDI, IBI, PPNI, PERSAGI, PERSAKMI, Kemenag, Organisasi Keagamaan, Organisasi Pemuda, Gereja, Karang Taruna, dan Dunia Pendidikan seperti Akper Dairi dan Stais.


Sedangkan Penggerakan Germas dilakukan dengan menggelar olahraga senam bersama setiap Jumat pagi, bersama dengan seluruh OPD di sekitar perkantoran Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi yang juga diikuti oleh masyarakat sekitar, kampanye makan buah dan sayur bersama OPD dan masyarakat sekitar Kantor Dinas Kesehatan, pemeriksaan IVA Test dan skrining PTM, edukasi tentang menjaga kesehatan mental oleh Dosen AKPER Dairi pada saat senam bersama, dan rapat koordinasi Penggerakan Germas yang melibatkan Lintas Sektor (PKK, Organisasi Profesi, Organisasi Pemuda, Organisasi Agama, Kemenag, Karang Taruna, Akademisi seperti AKPER dan STAIS.


Kemudian di lakukan Kampanye Melalui Radio Dan SMS Blast seperti himbauan.

Contohnya “Ayo lakukan Germas, konsumsi buah dan sayur tiap hari, Aktifitas fisik minimal 30 menit perhari, cek kesehatan minimal 6 bulan sekali, jaga kesehatan diri dan keluarga, Dairi Sehat daairi Kuat”.


Ditahun 2022 ini, kampanye Germas dilakukan dengan Penggerakan Germas Dan Edukasi Gizi Seimbang Pada Kegiatan Kesehatan Berbasis Masyarakat dan Penyebarluasan Informasi Tentang Pola Hidup Sehat Melalui Media Sosial seperti Instagram Dan FB Promkes Dairi.


“Ayo praktek pola hidup sehat, dimulai dari diri sendiri, tanpa sulit dan mahal. Untuk masyarakat Dairi yang Unggul,” tungkas dr. Hendrik. (Rudi)