Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 04 November 2022, 20:59 WIB
Last Updated 2022-11-04T14:00:56Z
Danau TobaHukumSamosir

Perwakilan LBH Gerak SUMUT Resmi Hadir di Samosir

Foto bersama usai peresmian kantor DPD Gerak Indonesia. (Foto/Ari).

Samosir - nduma.id


Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Indonesia DPD Sumut, meresmikan kantor perwakilan di Kabupaten Samosir.


Tepatnya di Jalan Raya Pangururan-Simanindo, Desa Sait Ni Huta, Pangururan, Kamis (3 / 11 /2022).


Rangkaian acara diawali dengan ibadah yang dipimpin Milton Napitupulu, S.Th sebagai pengkotbah dan Pdt.Roni Sirait, S.Th sebagai liturgis. 


Ibadah dalam peresmian ini mengangkat tema: pertolonganku ialah dari Tuhan.


Ketua LBH Gerak Indonesia DPD Sumut, Jusniar Endah Siahaan, SH, menyampaikan kehadiran LBH Gerak Indonesia di Kabupaten Samosir semata-mata bukan hanya untuk menangani perkara-perkara bersifat komersial. 


Bukan juga karena  jumlah kasus yang ditangani LBH Gerak Indonesia DPD Sumut di daerah lain minim. 


Akan tetapi, LBH Gerak Indonesia hadir di Kabupaten Samosir untuk bersinergi dengan semua pihak mulai dari pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat dalam hal penegakan hukum serta kesadaran hukum.


"LBH Gerak di Kabupaten Samosir, siap  menjadi penampung dan penyambung aspirasi masyarakat yang bersentuhan dengan permasalahan hukum," kata Jusniar.


Ketua LBH Gerak Indonesia DPD Sumut Perwakilan Samosir, Candra Malau, SH, menyampaikan apresiasi  sudah hadir di Kabupaten Samosir. 


Dia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan moril dan materil, sehingga kantor perwakilan LBH Gerak Indonesia hadir di Kabupaten Samosir.


"Kepada semua pihak mulai dari pemerintah Kabupaten Samosir hingga pemerintah desa di Kabupaten Samosir, para aparat penegak hukum, serta masyarakat, kami sampaikan, sambutlah LBH Gerak Indonesia ini sebagai sahabat, sebagai mitra dalam hal penegakan hukum," kata Candra.


Mewakili klien LBH Gerak Indonesia, Dian Sidauruk, dalam sambutannya menyampaikan bahwa hadirnya LBH Gerak Indonesia di Kabupaten Samosir diharapkan dapat menjadi pendamping masyarakat yang memiliki permasalahan dalam bidang hukum.


"Sesuai dengan namanya, LBH Gerak, Gerakan Rakyat Anti Korupsi, maka korupsi sebagai mesin yang paling cepat menyengsarakan manusia, dapat juga diberantas. Saya yakin LBH Gerak Indonesia sanggup untuk itu," ujar Dian.


Mewakili pemerintah, Sekretaris Camat Pangururan, Robet Sinaga, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kehadiran LBH Gerak Indonesia di Kabupaten Samosir. 


Dia berharap, LBH Gerak Indonesia dapat menjadi mitra pemerintah dalam hal peningkatan kesadaran hukum di tengah masyarakat.


"Kami siap untuk bermitra. Mari kita bekerjasama untuk meningkatkan kesadaran hukum di tengah masyarakat di Kabupaten Samosir yang kita cintai ini," kata Robet.


Hadir juga dalam kegiatan ini perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Samosir, para jemaat gereja, dan sejumlah mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Medan. (Ari).