Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 01 November 2022, 14:56 WIB
Last Updated 2022-11-02T02:10:26Z
SiantarTNIUlang Tahun

Wali Kota Siantar : Yonif 122/TS Semakin Jaya

Foto bersama dulu HUT ke 58 Yonif 122 TS. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani menyampaikan harapannya di HUT ke-58 Yonif 122/TS.


Dia berharap Yonif 122/Tombak Sakti (TS) semakin jaya, disegani, serta senantiasa melakukan yang terbaik. 


Itu di sampaikan Walikota melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Drs Pardamean Silaen MSi, saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Yonif 122/TS, di Mako Yonif 122/TS, Selasa (1/11/2022) pagi.


"Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-58 kepada Yonif 122/Tombak Sakti. Diharapkan Yonif 122/Tombak Sakti selalu kompak dan mampu meningkatkan profesionalisme sehingga bisa menjalankan fungsi menjaga keamanan dan ketahanan negara," kata Wali Kota Susanti dalam sambutan tertulisnya.


Tentara Nasional Indonesia (TNI), katanya, memiliki beberapa fungsi utama, yakni menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mendukung kelancaran pembangunan di wilayah kerja masing-masing.


Momentum hari ulang tahun Yonif 122/TS, menjadikan suasana keakraban dan kekompakan para prajurit Yonif 122/TS semakin baik.


Demikian juga hubungannya dengan elemen pemerintah lainnya. 


Serta para prajurit semakin bersemangat menunaikan tugas negara dengan dilandasi semangat saling asah, saling asih, dan saling asuh.


Beberapa lembaga survei telah merilis bahwa TNI meraih rating yang tinggi dalam meraih tingkat kepercayaan masyarakat. 


Di antaranya Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan dari publik sebesar 93,2 persen. 


Sedangkan versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan kepercayaan masyarakat sebesar 93 persen. 


Selanjutnya, lembaga survei Center of Strategic and International Studies (CSIS) pada 27 September 2022 merilis hasil dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen. 


"Dari hasil beberapa survei tersebut, maka kepercayaan masyarakat ini perlu terus dijaga, dengan bertindak dan berkata sesuai tugas pokok dan fungsi, khususnya oleh para prajurit Yonif 122/Tombak Sakti," sebutnya.


Dalam rentang waktu 58 tahun, harmonisasi dan kerja sama Yonif 122/TS bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar telah berjalan dengan baik. 


Yonif 122/TS banyak memberikan darma bakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Seluruhnya telah dilakukan oleh jajaran Yonif 122/TS dengan mental yang kuat, tangguh, dan disiplin. 


"Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Pematang Siantar mengajak Yonif 122/Tombak Sakti untuk terus bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk bersama-sama memberikan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya di Kota Pematang Siantar. Termasuk mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, demi mempercepat terwujudnya visi Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju," paparnya.


Acara diawali pemutaran video Sejarah Singkat Yonif 122/TS dan pemutaran video Profil Satuan.


Danyonif 122/TS Letnan Kolonel Inf Antony Tri Wibowo dalam sambutannya mengatakan sebagai satuan Infanteri yang bertugas dan berada di depan dalam sebuah pertempuran dalam masa damai ini, lanjutnya, Yonif 122/TS telah melaksanakan kegiatan yang mendukung masyarakat Pematang Siantar, Simalungun, dan sekitarnya.


Seperti penanggulangan bencana alam, membantu masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran, membantu kelancaran perjalan yang macet akibat banjir, serta kegiatan yang berguna. 


"Kegiatan tersebut merupakan cerminan bahwa kami adalah warga Sumatera Utara yang siap hadir dalam mengatasi bebagai permasalahan," kata Wibowo


Wibowo juga mengaku tak luput dari kesalahan.


"Tentunya kami juga tidak luput dari kesalahan sehingga di usia kami yang ke-58 tahun ini kami mohon doa serta bantuan agar kami dapat selalu menjadi satuan yang mencintai dan dicintai masyarakat," terangnya.


Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief SIP juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-58 kepada Yonif 122/TS. Semoga Yonif 122/TS tambah sukses dan tambah berprestasi.


"Saya juga mengingatkan kepada seluruh prajurit Yonif 122/Tombak Sakti untuk selalu jaga kekompakan," ujarnya.


Acara dimeriahkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Danyonif 122/TS beserta Ketua Persit KCK Ranting 3 Yonif 122/TS untuk diberikan kepada prajurit yang berdinas paling lama di Yonif 122/TS.


Turut hadir, Danrindam I/BB Kolonel Inf Budhi Utomo SIP, Dandim 0207/Simalungun Letnan Kolonel Hadrianus Yossy, Dandenpom I/I Mayor CPM Junilham SH, Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SIK, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SIK, Kepala KPw Bank Indonesia Pematang Siantar Teuku Munandar, Tuan Guru Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk, dan Camat Siantar Barat Pardomuan Nasution. (Ari).