Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 21 Desember 2022, 07:44 WIB
Last Updated 2022-12-21T00:50:35Z
Dana Insentif DaerahNatalPakpak BharatPendidikan

10.453 Pelajar di Pakpak Bharat Terima Peralatan Belajar, Bupati : Kado Natal !

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyapa pelajar SD. (Foto/Rudi)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara memberikan bantuan peralatan sekolah kepada 10.453 siswa yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.


Bantuan berupa peralatan belajar itu di berikan kepada seluruh siswa Paud, TK, SD, dan SMP baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan pelajar dari beberapa sekolah, disaksikan para guru, orang tua, dan Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat di aula Sada Arih, Perkantoran Sindeka Salak.


“Ini kado natal untuk anak-anak kami di Pakpak Bharat,” sebut Franc, Rabu (20/12/2022).


Seluruhnya berjumlah 10.453 siswa, terdiri dari 1.814 Siswa Paud dan TK, serta  8.639 Siswa SD dan SMP.


Bantuan itu dikatakan bersumber dari Dana Insentif Daerah tahun 2022 Kabupaten Pakpak Bharat, yang diterima atas prestasi kinerja Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2021 lalu.


“ Ini dananya dari insentif daerah dimana Pakpak Bharat berhasil menanggulangi covid-19 di tahun 2021. Tentunya harapan kami dengan adanya hadiah untuk anak-anak ini dapat menambah semangat belajarnya, itu yang pertama,” ujar bupati.


Kedepan Franc berkomitmen akan terus bekerja untuk pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat yang lebih baik.


“Program pendidikan sudah ada melalui dinas pendidikan seperti kami memberikan beasiswa lebih terarah, terintegrasi. Kita juga ada badan latihan kerja untuk menanggulangi pengangguran, karena mau tidak mau masyarakat harus juga berupaya baik untuk dirinya,” tukas Franc.


Kapolres Pakpak Bharat AKBP Rocky Marpaung menyerahkan hadiah tas kepada siswa Paud. (Foto/Rudi)

Kepada pelajar Ketua TP PKK Pakpak Bharat Juniatry Franc Tumanggor berpesan supaya tetap semangat belajar meraih cita-cita.


“Kalau mendapat hadiah itu berharga sekali, artinya kalau Ibu akan pelihara dan pergunakan sebaik mungkin. Jadi buku gambarnya bukan untuk di buang-buang, mari manfaatkan buku ini supaya bisa membawa manfaat dari hadiah ini,” pesan Juniatry.


“Saya juga ucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2023,” tukasnya lagi.


Hadiah peralatan belajar ini berupa masing-masing 10 paket buku tulis kepada pelajar Sekolah Dasar dan SMP.


Sedangkan buku gambar, alat pewarna, dan tas sekolah masing-masing diberikan kepada pelajar Paud dan TK.


Orang tua siswa berharap program-program pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat semakin maju.


“Kiranya program-program baik ini bisa bermanfaat untuk menciptakan generasi penerus yang berguna untuk Pakpak Bharat dan negara pada umumnya,” kata Asdin Banurea (47), orang tua siswa.


Warga Desa Salak 1 Kecamatan Salak ini berharap program-program baik bisa terus berkelanjutan.


Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pakpak Bahrat menerima Dana Insentif Daerah Melalui Kementerian Keuangan sebesar Rp. 8.960.629.000,- atas capaian kinerja pada tahun berjalan 2022.


Dana Insentif Daerah tahun 2022, yang diterima atas prestasi kinerja Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2021 lalu.


Dana ini kemudian di gunakan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Pakpak Bharat yang dilakukan melalui Perlindungan sosial, seperti pemberian bantuan langsung tunai dan program bedah rumah. Upaya penurunan tingkat inflasi, dan Penurunan kemiskinan serta pengangguran.


Penulis : Rudi

Editor : Novel