Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 12 Februari 2023, 16:30 WIB
Last Updated 2023-02-12T09:33:50Z
CoklitPantarlihPemiluSamosir

Bupati Samosir Ajak Warga Dukung Pelaksanaan Coklit

Bupati Samosir menyematkan seragam Pantarlih. (Foto/Istimewa)

SAMOSIR, Pangururan – nduma.id


Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom menghadiri Apel Kesiapan Petugas Pantarlih se-Kabupaten Samosir yang dilaksanakan di Terminal Onan Baru-Pangururan.


Dalam sambutannya, Vandiko mengajak masyarakat Samosir untuk mendukung pelaksanaan Pemutakhiran data pemilih (pantarlih) melalui pencocokan dan penelitian (Coklit).


Tugas pantarlih melalui Coklit kata Vandiko merupakan tugas yang sangat penting.


Karena itu Vandiko berharap petugas melaksanakan tugas dengan baik, teliti dan menjalin kerjasama serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait.


“Selamat bekerja dan bertugas kepada seluruh petugas Pantarlih. Bekerja dengan serius untuk menghasilkan data yang akurat demi suksesnya pemilu 2024 di Kabupaten Samosir,” kata Minggu 12 Februari 2023.


Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir yang bertindak sebagai pembina Apel menyampaikan Apel Kesiapan Pantarlih dilaksanakan secara serentak di Indonesia. 


Coklit data pemilih akan dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 11 April 2023. 


“Jika penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid maka dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya terganggu” kata Ika Rolina Samosir.


Karena itu Ika menekankan perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam melaksanakan tugas.


Petugas Pantarlih diharapkan menjalankan tugas dengan berkoordinasi kepada tokoh masyarakat lokal, menggunakan atribut/perlengkapan dalam melaksanakan tugas, mengisi buku kerja untuk mencatat seluruh aktivitas kegiatan serta berkoordinasi dengan PPS, PPK dan KPU bila ada hal-hal yang tidak jelas. 


KPU Samosir merekrut sebanyak 464 Pantarlih se-Kabupaten Samosir dan secara serentak dilakukan pelantikan bagi petugas Pantarlih.


Setelah coklit, ditetapkan daftar pemilih sementara yang akan diumumkan untuk diketahui masyarakat dan masih dibuka ruang bagi masyarakat yang belum terdaftar. 


Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman menekankan agar Pantarlih bekerja dengan baik guna menghasilkan data-data yang akurat.


Dalam hal pemutakhiran data pemilih dan seluruh tahapan pemilu, Kapolres Samosir mengatakan akan tetap melakukan pengamanan demi kesuksesan Pemilu sampai Pilkada 2024. 


” Kami sangat mendukung kegiatan Pantarlih dan akan melakukan pengamanan demi suksesnya pemilu hingga pilkada 2024″ tegas Yogi.


Apel kesiapan Pantarlih ditandai dengan Penyerahan peralatan kelengkapan kepada petugas pantarlih, penyematan bad name oleh Bupati Samosir, Kapolres Samosir, Danramil serta jajaran Komisioner KPU. 


Turut Hadir, Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Danramil Pangururan Sugiono, jajaran Komisioner KPU, Asisten I Tunggul Sinaga, Kaban KesbangPol Dumoch Pandiangan, Camat Pangururan Robintang Naibaho, PPK dan PPS se-Kecamatan Pangururan, Pantarlih se-Kecamatan Pangururan. 


Penulis : Rudi

Editor : Gib