Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 17 Februari 2023, 19:16 WIB
Last Updated 2023-02-22T12:23:44Z
Bank IndonesiaPakpak Bharat

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Bahas Berbagai Agenda di Pakpak Bharat

Suasana Audiensi di Kantor Bupati Pakpak Bharat. (Foto/komindo Pakpak Bharat)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Yura A Djalin audensi dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Rabu, 15 Februari 2023.


Yura A Djalin, membahas sejumlah agenda seperti upaya pelestarian lingkungan, konsep pembangunan wilayah yang ramah lingkungan, serta peluang Bank Indonesia dalam upaya membantu Pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.


“Kita perlu menyamakan sebuah persepsi dan konsep, bagaimana membangun tanpa merusak lingkungan,” kata Yura A Djali.


Pakpak Bharat dengan anekaragam kekayaan hayati dan bentang alam yang indah dikatakan sangat cocok dikembangkan menjadi Kawasan ecotourism.


“Mungkin bisa dianggap sebagai daerah terdepan yang mengembangkan konsep ini di Indonesia, tinggal kita promosikan saja, konsep negeri diatas awan misalnya, ini luar biasa,” jelas Yura A Djalin.


Yura A Djalin juga menyinggung upaya pengembangan Kawasan Food Estate yang digarap oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Bersama Pemerintah Pusat.


Dia juga mengaku berminat untuk membantu dalam pengembangannya.


“Nanti kita bisa lihat peluang itu,” tambah dia.


Sementara itu Franc Bernhard Tumanggor memaparkan keterbatasan anggaran, kurangnya Sumber Daya Manusia, factor kultur budaya dan sebagainya menjadi kendala pembangunan.


Meski demikan Franc mengaku mereka terus berbenah mengejar ketertinggalan dari Daerah lain.


Upaya terus digalakkan diantaranya dengan mengikat berbagai kerjasama dengan berbagai pihak termasuk perbankan guna mmudahkan akses permodalan masyarakat dan para pengusaha kecil.


Penulis : Rudi

Editor : Gib