Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 06 Februari 2023, 09:35 WIB
Last Updated 2023-02-06T02:35:21Z
Damai TobaEkspedisiGeositeKaldera TobaSamosirSMSI

Hari ke 2 Ekspedisi, SMSI Menapaki Letusan Terdahsyat Dunia

Foto bersama di jembatan TanonPonghol Samosir. (Foto/Istimewa).

SAMOSIR, Pangururan - nduma.id


Hari ke 2 Ekspedisi Geoprak Kaldera Toba, tim Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menapak ke Pulau Samosir di Kabupaten Samosir Sumatera Utara.


Pulau Samosir katanya terbentuk dari letusan Gunung Toba.


Gunung Toba merupakan gunung supervolcano purba.


Letusannya menjadi salah satu letusan gunung terdahsyat di dunia, membentuk kaldera yang disebut Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.


Di Pulau Samosir peserta melihat Batu Hobon, Wisata patung Yesus di Sibea-bea, Tanoh Ponggol, Kampung ulos dan Kampung Siallagan.


Malamnya rombongan di sambut silaturahmi Pemerintah Kabupaten Samosir di Hotel Vantas, Parbaba Samosir.


Bupati Samosir Vandiko Gultom, melalui Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Samosir Waston Simbolon berharap SMSI bisa menarik wisatawan ke Samosir melalui  pemberitaan.


"Samosir sangat berharap peran SMSI menginformasikan betapa indahnya Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga," ujar  Waston Simbolon membacakan sambutan Vandiko, Minggu (5/2/2023).


Samosir katanya merasa bangga karena dipilih SMSI sebagai bagian dari ekspedisi,  apalagi Samosir adalah pusat peradaban Batak.


"Ini sebuah peluang yang baik bagi Samosir bisa mengenalkan keindahan alam dan budaya adat Batak kepada para media se-Indonesia," jelas Waston Simbolon.


Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus diwakili Sekjen M Nasir memaparkan pernah mengunjungi sungai di salah satu negara di luar negeri, namun katanya Danau Toba jauh lebih spektakuler.


Dari sisi mana pun, kata Nasir, Samosir indah untuk dituliskan. 


"Tadi ketua kami begitu bersemangat. Saya juga tak mau ketinggalan. Rasa-rasanya butuh waktu tiga bulan lagi untuk bisa puas menulis tentang danau Toba," ujar Nasir.


Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu mengatakan pihaknya bersama pengurus dan anggota SMSI di Sumut siap mempublikasikan keindahan Samosir melalui media-media siber, khusunya Geopark Kaldera Toba.


Kata Erris misi SMSI adalah mempertahankan predikat Unesco Global Geopark (UGG) pada revalidasi tahun 2024 mendatang.


"Kita siap bekerja sama dengan Pemkab Samosir dalam mempromosikan Samosir Negeri Indah Kepingan Surga hingga lebih mendunia. Karena Samosir memiliki potensi wisata yang luar biasa," kata Erris.


Event ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI merupakan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara.


Penulis : Rudi

Editor : Novel