Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 06 Februari 2023, 21:17 WIB
Last Updated 2023-02-06T15:07:48Z
KPUPemilu 2024TOBA

PPK Kecamatan Uluan Bimtek PPS dan Kukuhkan Sekretariat PPS Desa

Bimtek PPK Kecamatan Uluan. (Foto/James Sirait).

TOBA-nduma.id


Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Uluan Kabupaten Toba Sumatera Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) PPS sekaligus pengukuhan sekretariat PPS Desa se-Kecamatan Uluan.


Bimtek digelar di aula Kecamatan setempat, Senin 6 Februari 2023.


Seluruhnya sebanyak 51 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 17 Desa dan 51 Sekretaris PPS di kecamatan Uluan.


Ketua PPK Kecamatan Uluan Anwar Sitorus menyampaikan Bimtek PPS dalam rangka penyusunan daftar pemilih pemilihan umum tahun 2024 serta Pembekalan bagi PPS agar kedepan bisa menjalankan tugas kepemiluan bisa lebih baik dan maksimal.


Anwar menyebut  bimtek kali ini juga membahas soal Pantarlih tata cara dan kerja Pantarlih.


"Saya berharap bimtek yang digelar hari ini bisa sekaligus menambah Ilmu dan bekal bagi PPS  sehingga bekerja bisa lebih baik sesuai dengan tahapan PKPU yang ada,” kata Anwar Sitorus.


Sementara Camat Uluan Antoni Dolok Saribu menyebut Bimtek di gelar agar peserta bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab.


"Jangan sampai ada yang menimbulkan persoalan. Mari kita jadikan kecamatan uluan menjadi barometer tingkat keberhasilan pemilu di kabupaten Toba," ujar camat. 


Bimtek diwarnai dengan pengukuhan sekretariat dan penanda tangganan fakta integritas oleh masing masing sekretariat desa.


Sebelumnya,  PPS telah dilantik pada 24 Januari 2023 lalu dan sudah melaksanakan tugas merekrut Petugas Pantarlih pada 27 Januari sampai dengan 31 Januari 2023 selama 5 Hari.


Sedangkan PPS sudah melakukan Verifikasi Administrasi berkas bagi setiap calon Pantarlih dan telah menetapkan dan mengumumkan nama calon Pantarlih disetiap TPS pada 3 Pebruari 2023 kemarin.


PPS mendapatkan pembekalan Bimtek dari PPK sebagai bekal dalam rangka melantik dan membimtek petugas Pantarlih agar memiliki bekal dan ilmu sehingga bekerja bisa lebih maksimal.


Hadir di acara, Jajaran PPK Kecamatan Uluan adalah Anri Boris Hutajulu, Jetro Dolok Saribu, Nursya Sitorus, Torang Butar-butar dan  seluruh staf sekretariat PPK Kecamatan Uluan Ellen Butar Butar, Ridha Siregar dan Eny Tobing.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi