Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 06 Maret 2023, 07:19 WIB
Last Updated 2023-03-10T00:32:10Z
BalihpDairiPikada

Pasca di Copot, Baliho Balon Bupatinya Bakal dipasang Lagi. Rimso Sinaga Pantang Menyerah

Baliho Rimso Sinaga yng di copot. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sidikalang  – nduma.id


Rimso Maruli Sinaga, Bakal Calon Bupati Dairi yang Balihonya terpampang di Simpang Salak Batang Beruh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi mengaku Pantang Menyerah.


 Dia kesal dan keberatan dengan aksi pencopotan Baliho itu oleh sejumlah kader Demokrat Kabupaten Dairi, dan akan segera melaporkan hal tersebut kepada DPD Demokrat Sumut.


Padahal baliho itu sudah terpasang sejak 2 pekan lalu.


“Saya pun heran kenapa baliho saya diturunkan. Namun semuanya sudah saya sampaikan kepada ketua DPD Demokrat Sumut pak Lokot Nasution agar menuntaskan masalah tersebut,” kata Rimso melalui pesan WhtsApp, Minggu (5/3/2023).


Dalam waktu dekat katanya Rimso Sinaga akan memasang lagi baliho Balon Bupati Dairi 2024 itu.


“Terhadap penurunan baliho itu masalah kecil dan saya pantang menyerah segera akan dipasang kembali,” ujar Rimso.


Rimso mengaku serius ingin maju kembali pada pilkada Kabupaten Dairi tahun 2024 mendatang, karena ingin menjadi pelayan bagi masyarakat Dairi.


“Itu panggilan hati nurani saya pak. Saya rindu melayani rakyat Dairi dari segenap hati dan jiwa saya. Semoga Tuhan mengabulkannya,” sebut Rimso.

 

Rimso mengaku sebagai kader partai demokrat sejak tahun 2016 lalu, dan memiliki Kartu Tanda anggota partai Demokrat.


Terkait pencopotan Baliho itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Dairi Wanseptember Situmorang membenarkan, melalui Kepala Badan Komunikasi Strategi – Cabang (Bakomstra-cab) Frans Douglas Nainggolan pihaknya mengaku mengeluarkan pernyataan atas pencopotan Baliho Rimso Sinaga itu


Pernyataan itu berisi sebagai berikut :


Terkait Pemasangan Baliho Atas Nama St.dr (can) RM Sinaga,SH.,M.H

 

Saya ingin menyikapi beberapa hal terkait baliho balon bupati tersebut yang kami nilai terlalu terburu-buru dan tidak ada koordinasi serta penggunaan logo Partai Demokrat yang saya nilai mencatut.


Adapun hal – hal yang ingin saya sikapi adalah :


1. Bapak Rimso Maruli Sinaga dalam hal membuat baliho bakal calon bupati tersebut, belum ada koordinasi sebelumnya dengan DPC Partai Demokrat Kabupaten Dairi selaku pengurus partai untuk Kabupaten Dairi yang bertanggung jawab langsung terhadap Partai Demokrat. Kami takut, bahwa ada tindakan – tindakan yang berupaya untuk merusak citra Partai Demokrat. seperti pembegalan partai yang dilakukan oleh oknum oknum tertentu. Kami sangat trauma, dan kami di instruksikan DPP Partai Demokrat untuk menjaga nama baik Partai.


2. Kami dari Badan Komunikasi Strategi Cabang DPC Partai Demokrat Kabupaten Dairi melakukan penelusuran mulai tingkat DPC, DPD sampai ke DPP perihal status ataupun dukungan secara tertulis kepada Bapak Rimso Sinaga untuk menjadi Bakal Calon Bupati Dairi sampai menggunakan Logo Partai Demokrat di Baliho tersebut, dan tidak ada satupun pernyataan dukungan Bakal Calon Bupati terhadap Beliau. Dan juga kami tidak menemukan informasi maupun data terkait Bapak Rimso Sinaga sebagai Kader Partai Demokrat di tingkat manapun. Bahkan dari Informasi yang kami dapat, bapak Rimso Sinaga ini pernah menjadi Calon Legislatif DPR – RI 2019 – 2024 Dari Partai Berkarya di Daerah pemilihan Sumut II, dan sampai sekarang belum ada berkas maupun KTA yang menyatakan Beliau sudah menjadi Kader Partai Demokrat.


3. Sesuai Anggaran Dasar Partai Demokrat BAB III Pasal 9 Tentang Lambang dan Tanda Gambar Partai. Di ayat 1 sampai dengan 5 diatur Bahwasanya Logo Partai Demokrat memiliki Skala 3.0 untuk lebar logo dan 1.7 untuk Tinggi Logo beserta peraturan tentang Logo Mercy dan kombinasi warna Biru muda dan biru laut yang dijelaskan di pasal tersebut berikut dengan artinya. Jadi kami menilai Bapak Rimso Sinaga Mencatut asal asal logo Partai Demokrat yang tidak sesuai dengan Anggaran Dasar Partai Demokrat karena berbentuk Segi Empat sama sisi serta penerapan Logo Mercy dan kombinasi warna yang tidak merepresentasikan Partai Demokrat.


4. Instruksi Ketua Umum Partai Demokrat, Bapak Agus Harimurti Yudhoyono perihal kerja – kerja Partai Tahun 2023 ini sangat jelas. Bahwasanya, Seluruh Kader Partai Demokrat dari tingkat Anak Ranting sampai Ke DPP adalah Fokus kerja untuk pemenangan Pemilu Serentak 14 Februari 2024 mendatang. Tidak ada instruksi terkait Pilkada yang akan dilaksanakan di November 2024. Kami menilai Baliho Bapak Rimso Sinaga bisa mengganggu fokus Partai Demokrat Khususnya di Kabupaten Dairi


5. Saya selaku kepala Bakomstra DPC Partai Demokrat secara pribadi turut senang jikalau tokoh – tokoh seperti Bapak Rimso Sinaga memiliki keinginan untuk maju dari Partai Demokrat.


Terlebih untuk Wilayah Kabupaten Dairi, Elektabilitas Partai Demokrat dibawah Kepemimpinan Ketua DPC Bapak Wanseptember Situmorang,S.H cukup tinggi dan berpotensi mempertahankan kursi pimpinan DPRD di Kabupaten Dairi. Dan Partai Demokrat Kabupaten Dairi secara tegas menyatakan untuk Pilkada 2024 akan mendukung Kader Partai Demokrat.


Sesuai Instruksi Ketua Umum “Kader dukung Kader”. Tagline kader dukung kader ini bukan hanya kader biasa Partai Demokrat yang memiliki elektabilitas tinggi, tetapi kader yang sudah teruji di masyarakat.


Kader Partai yang dicintai masyarakat, kader yang sudah memiliki track record yang bagus dimata masyarakat serta teruji perolehan suara nya di kontestasi pemilu yang pernah diikuti.


Jadi menurut hemat saya, daripada berkampanye untuk balon bupati, Bapak Rimso Sinaga membuktikan dulu, perolehan suaranya untuk kontestasi pemilu yang paling dekat saat ini, yaitu pemilu serentak pileg 2024.


Pemilu 2024 adalah ajang Kader Partai membuktikan kapabilitas dan konsistensi individu tersebut dalam kesiapannya untuk memimpin dan membesarkan partai.


5 Poin diatas adalah pernyataan Saya dalam menyikapi baliho oleh Bapak Rimso Sinaga.


Pernyataan tersebut bukan untuk menyerang Individu melainkan menjaga marwah Partai Demokrat Khususnya di Kabupaten Dairi serta menegakkan instruksi ketua umum agar tersampaikan ke seluruh kader Partai Demokrat, agar kerja – kerja Politik kita di seluruh Daerah tidak terganggu demi kemenangan di 2024.


Penulis : Rudi

Editor : Gib