SMSI

SMSI
Selasa, 09 Mei 2023, 08:00 WIB
Last Updated 2023-05-09T01:00:37Z
DairiGasingMatematika

Aksi Gasing Pelajar Pukau Bupati Dairi

Bupati Dairi saat tes kemampuan berhitung pelajar. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id

 

Ratusan siswa dari tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Dairi memperagakan penerapan metode berhitung Gasing atau Gampang, Asyik, dan Menyenangkan kepada Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.


Aksi para pelajar ini di pertontonkan pada saat bupati membuka Program Gasing Tahap 2 di SMK Anugerah Sitinjo, Senin 8 Mei 2023.


"Setelah melihat progres anak didik di lapangan, saya sangat terpesona. Skill numerasi anak didik kita sangat cepat dan tanpa beban. Mereka melakukannya dengan gembira dan senang hati. Energi positif yang ditularkan mereka pada saya, begitu percaya diri, saling menghargai satu sama lain. Secara kecerdasan dipupuk, tapi hakikat manusia sebagai makhluk sosial, itu juga dikembangkan dalam program ini. Sangat luar biasa," kata bupati.


Menurut Eddy Keberhasilan ini tak lepas dari peran guru yang mengikuti pelatihan dan mampu menerima transfer ilmu untuk diterapkan kembali pada anak didik di sekolah.


"Ini tak lepas dari peran para guru yang juga begitu cepat menerima transfer ilmu dari para pelatih yang sudah disiapkan. Semangat guru ini sangat berdampak baik dalam menyalurkan energi antara verbal dan gerakan. Ini yang menjadikan konsep Gasing ini akan sangat berdampak luar biasa bagi kecerdasan anak didik," ujarnya.


Keberhasilan para guru ini juga yang meyakinkan Eddy untuk terus menggenjot Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi mengulang kembali program yang sudah pernah dilakukan pada November tahun lalu.


"Saya sejak awal melihat metode Gasing ini sangat berdampak baik sehingga meyakinkan saya untuk mengulang program ini lagi. Metode berhitung dilakukan melalui proses yang bukan hafalan," ujarnya lagi.


Program Gasing ini bentuk komitmen kuat Pemkab Dairi mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan yang diturunkan dalam visi misi Dairi Cerdas.


"Kita mempersiapkan Sumber Daya Manusianya (SDM). Inilah yang kita lakukan November lalu dan hari ini. Kita memang mengejar ketertinggalan infrastruktur, tapi mencapai atau mendapatkan infrastruktur itu jauh lebih mudah, ketimbang mempersiapkan SDM-nya. SDM yang dipersiapkan sedari dini suatu saat, akan mampu menghasilkan gedung dan infrastruktur lainnya. Jadi, harapan saya, manfaatkan kesempatan ini, sehingga target kita mencapai 33.000 anak didik pintar matematika bisa kita capai tahun 2023 ini," katanya.


Program Gasing Tahap 2 sudah berlangsung sejak 4 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023.


Program serupa sudah dimulai dan diikuti sebanyak 31 sekolah dasar baik negeri dan swasta bersama Prof. Yohanes Surya tahun lalu, dan hari ini program ini diikuti oleh 30 sekolah mulai SD hingga SMP.


Penulis : Raden

Editor : Rudi