Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 20 Mei 2023, 17:06 WIB
Last Updated 2023-05-20T10:08:25Z
ILEAMedanPolisi

Kompol Pandu Winata, Personel Polda Sumut Yang Tembus Prestasi Dunia

Kompol Pandu Winata menerima penghargaan ILEA Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto/Istimewa)

MEDAN - nduma.id


Polda Sumatera Utara rupanya punya Bhayangkara Hebat.


Dia adalah Kompol Pandu Winata.


Kariernya benar-benar membanggakan Polda Sumatera Utara.


Terbukti, Pandu berhasil menerima penghargaan dari International Law Enforcement Academy (ILEA) pada acara ILEA Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat pada 24 sampai 26 April 2023 lalu.


Dari keterangan kepada wartawan Jumat 19 Mei 2023 kemarin, prestasi itu katanya tak seperti meraih membalikkan telapak tangan.


Perwira lulus Akpol 2010 dengan nama batalyon Rinaksa Sakalamandala ini rupanya berpeluh keringat demi tanggung jawab kepada negara.


Dan Pandu berhasil. 


Kini, Dia menjadi andalan Polda Sumut mengungkap kasus Tindak Pidana HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual).


"Atas keberhasilan itu,  Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta  mengirimkan Surat kepada Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Republik Indonesia agar saya segera berangkat ke negeri Paman Sam bergabung dengan utusan negara lainnya," kata Pandu.


Sebagai personel Polda Sumut Pandu merasa terhormat karena menjadi alumni ILEA Bangkok dari perwakilan Indonesia yang mendapatkan pengakuan internasional atas prestasi dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.


Dia menceritakan sebelum berangkat, finalis sudah melalui proses leahy vetting, yaitu proses pemeriksaan ketat oleh pemerintah Amerika Serikat, memastikan finalis tidak terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan eksploitasi seksual.


"Saya mewakili Institusi Polri Khususnya Direktorat Krimsus Polda Sumut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak atas bimbingan dan arahan beliau sehingga saya mendapatkan penghargaan ini," tutur Pandu.


Dia berharap pengakuan internasional ini akan mendorong semangat Polda Sumut untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumatera Utara.


Pandu ternyata satu-satunya Polisi dari Polda Sumut yang dipanggil oleh ILEA Amerika Serikat. 


Torehan prestasi atas kinerjanya membawa namanya dan nama Polda Sumut tercatat di ILEA Amerika Serikat. 


Pelatihan internasional ini pun menjadi pembeda Pandu. 


Dia mempunyai kajian lebih di atas rata-rata. 


Ilmu yang didapatnya dari ILEA menjadi suplemen tambahan bagi Polri. 


"Semoga Ilmu yang saya peroleh dapat berguna bagi Institusi Polri dalam aplikasi pelaksanaan tugas dan kajian ilmiah Polri. Ini belum selesai, saya masih terus mengejar prestasi di dalam karir. Terimakasih," pungkasnya. 


ILEA merupakan akademi pelatihan internasional yang bertujuan untuk membangun kapasitas mitra peradilan pidana asing dan memperkuat kemitraan peradilan pidana di seluruh dunia.


Penghargaan ILEA Day Award diberikan kepada alumni yang telah mencapai tujuan program dengan baik.


Acara penghargaan ini dihadiri oleh finalis dari berbagai negara yang terpilih melalui seleksi dan tahapan pemilihan nominasi.


Acara tersebut mencakup upacara penghargaan, acara alumni global, dan para penerima penghargaan diberikan kesempatan luar biasa yaitu-study tour- dan pelatihan singkat di beberapa lembaga penegakkan hukum di Washington DC, Amerika Serikat.


Penulis : Raden

Editor : Rudi