Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 04 Mei 2023, 17:35 WIB
Last Updated 2023-05-06T10:38:29Z
BeasiswaPakpak BharatPendidikan

Pakpak Bharat Siapkan 7,5 Miliar Untuk Beasiswa Pelajar

Bupati Pakpak Bharat memberikan penjelasan kepada pelajar. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id


Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor membantah informasi yang  beredar di masyarakat, bahwa Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah menghapus program pemberian beasiswa bagi pelajar.


Ini di katakan Franc saat membagikan e-KTP bagi ratusan pelajar di berbagai sekolah di 4 kecamatan.


Kecamatan Tinada, Kecamatan Kerajaan, dan Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara Rabu 3 May 2023 dan Kamis 4 May 2023. 


Bahkan Franc menjelaskan skema beasiswa bagi putra/putri Pakpak Bharat yang menempuh pendidikan baik di jenjang SMA/SMK maupun di berbagai Perguruan Tinggi.


"Informasi itu sama sekali tidak benar, kami selaku Pemerintah saat ini justru semakin memperkuat program beasiswa ini. Pemberian beasiswa ini menjadi salah satu program kami, menjadi salah satu visi dan misi kami selaku Kepala Daerah yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Pakpak Bharat Tahun 2021-2026 yakni membangun dan meningkatkan mutu dan kwalitas Sumber Daya Manusia Pakpak Bharat yang unggul dan berdaya saing," tegas bupati.


Pemberian beasiswa itu kata Franc dialokasikan melalui APBD tahun 2023 senilai 7,5 Miliar.


Tidak hanya melalui APBD Kabupaten Pakpak Bharat tapi pihaknya juga menjalin kerja sama dengan kementerian.


"Kita juga menjalin banyak kerja sama dengan berbagai Kementerian dan lembaga Tinggi Negara lainnya. Ini semua kita lakukan atas dasar upaya membangun generasi emas Pakpak Bharat yang mumpuni dan berdaya saing," jelas dia.


Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Manihar Tumanggor, turut menjelaskan bahwa bantuan beasiswa yang diberikan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk anak-anak Pakpak Bharat saat ini di antaranya ialah:


A. Lulusan SMP Pakpak Bharat yang diterima di SMA Unggulan baik DEL, Soposurung, Matauli, Taruna Nusantara dan lainnya akan diberikan bantuan berupa beasiswa.


B. Lulusan SMA/SMK Pakpak Bharat yang diberikan beasiswa, jika Kuliah di Universitas/Perguruan Tinggi Negeri mana saja di seluruh Indonesia, Kuliah di Jurusan Kedokteran meskipun di Universitas Swasta. 


"Serta jika Kuliah di IT Del Laguboti, kita berikan beasiswa khusus pelajar yang menuntut ilmu di IT DEL Laguboti, kita ketahui bahwa IT DEL adalah salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Negeri ini, sedangkan untuk jurusan kedokteran kita berikan meskipun yang bersangkutan kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, ini faktanya saat ini," ujar Manihar.


Penulis : Raden

Editor : Rudi