Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 15 September 2023, 17:28 WIB
Last Updated 2023-09-15T10:28:05Z
DiskominfoDPRDLalu lintasSiantar

Diskominfo Siantar Tambah 18 CCTV Pantau 10 Lokasi

Raker Diskominfo Pematang Siantar dengan Komisi III DPRD. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Sebanyak 10 lokasi di Kota Pematang Siantar akan di tambah pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) pemantauan lalu lintas (Pelintas).


Di 10 lokasi itu akan terpasang sebanyak 18 CCTV.


Kepala Diskominfo Pematang Siantar Johannes Sihombing memaparkan rencana itu dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematang Siantar, di Sekretariat DPRD Kota Pematang Siantar, Kamis 15 September 2023.


Rencana kerja itu akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menjelang akhir tahun 2023 yang menjadi tanggung jawab Diskominfo Pematang Siantar.


Dia juga mengatakan pembaharuan Command Center sebagai ruang kendali CCTV Pelintas, juga menjadi prioritas pada Diskominfo Kota Pematang Siantar, mengingat beberapa alat membutuhkan perbaikan dan upgrade.


“Pemerintah Kota dan DPRD Kota Pematang Siantar memiliki pandangan yang sama atas kebutuhan CCTV Pemantauan ini dalam mewujudkan dan mengimplementasikan Smart City di Kota Pematang Siantar. Kita terus berbenah dan mewujudkan inovasi demi inovasi untuk peningkatan kualitas layanan publik dan pemerintahan di Kota Pematang Siantar,” kata Johannes Sihombing.


Adapun 10 lokasi tersebut antara lain, persimpangan Jalan Parapat-Jalan Sidamanik, persimpangan Jalan Melanthon Siregar- Jalan Farel Pasaribu, Simpang Empat, Persimpangan Jalan Sutomo-Jalan Surabaya, dan Jalan Sutomo depan Ramayana.


Kemudian, persimpangan Jalan Ahmad Yani-Jalan Patuan Anggi, persimpangan Jalan Sisingamangaraja-Jalan Bali, persimpangan Jalan Sisingamangaraja-Jalan Patuan Nagari, Terminal Sukadame Parluasan, dan Jembatan Sigagak.


Pemilihan lokasi tersebut didasarkan atas skala prioritas kebutuhan pemantauan kepadatan lalu lintas lokasi, titik keluar masuk Kota Pematang Siantar, lokasi Pos Pemantauan Kegiatan Operasi Ketupat dan Nataru yang setiap tahun dilaksanakan, serta juga memperhatikan pertimbangan teknis berupa ketersediaan internet, listrik, dan ketersediaan tiang LPJU.


Sebelumnya, Pemko Pematang Siantar melalui Diskominfo pada tahun 2022 dan 2023 telah mengadakan enam titik CCTV Pelintas.


Keenam titik tersebut yaitu, di Simpang Dua, Simpang Rambung Merah, Simpang Sambo, Jalan Merdeka (depan Kantor Wali Kota), Jalan Sudirman (depan BRI), dan Jalan MH Sitorus (perempatan kantor Satpol PP).


Seluruh kamera CCTV tersebut dapat diakses secara live melalui website Pemko Pematang Siantar pada tautan cctv.pematangsiantar.go.id.


Adapun media penyimpanan rekaman CCTV tersebut berada di Ruang Command Center Pemko Pematang Siantar.


Rapat Kerja bersama Komisi III yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Kota Pematang Siantar Denny TH Siahaan itu berlangsung serius, diwarnai diskusi dan tanya jawab.


Masing-masing Anggota Komisi III DPRD yang hadir mengajukan pertanyaan dan menyampaikan masukan atas Rencana Kerja Diskominfo pada P-APBD tahun 2023.


Raker yang juga dihadiri pejabat struktural dan fungsional Diskominfo tersebut merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan Rapat Paripurna-VII DPRD dalam pembahasan Ranperda Kota Pematang Siantar tentang P-APBD Tahun Anggaran (TA) 2023.


Di mana, 3 hari sebelumnya Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Pematang Siantar menyampaikan Pemandangan Umum atas Pengantar Nota Keuangan Wali Kota Pematang Siantar, pada poin ke-3 yang memuat topik terkait CCTV Pemantauan yang dikelola oleh Diskominfo Kota Pematang Siantar.


Hadir dalam raker tersebut, Sekretaris Komisi III DPRD Pematang Siantar Astronot Nainggolan, serta anggota Komisi III lainnya.


Penulis: Ari

Editor : Rudi