Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 01 September 2023, 08:47 WIB
Last Updated 2023-09-02T03:47:11Z
GuruLangkatTenaga Pendidik

Gebyar Temu Pendidik Nusantara KGBN di Gadang Bupati Langkat Jadi Agenda Tahunan

Foto bersama di acara Gebyar Temu Pendidik Nusantara KGBN. (Foto/Istimewa).

LANGKAT - nduma.id


Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Langkat bekerja sama dengan Komunitas Pengawas Nusantara (KPBN) Langkat temu Pendidik Nusantara X Langkat, Rabu, 30 Agustus 2023.


Temu Pendidik Nusantara X Langkat itu digelar dalam Gedung Olah Raga (GOR) Langkat.


Ketua KGBN Langkat, Tuty Marmiaty dalam keterangan rilisnya mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan KGBN di bawah naungan Yayasan Guru Belajar (YGB) untuk menjadi ruang yang tidak sekadar sebagai ruang belajar, tetapi juga ruang berkarya dan berbagi praktik baik bagi murid, guru, kepala sekolah, pun pengawas.


“Tema yang diusung kali ini adalah “Tumbuh berkelanjutan perubahan Pendidikan melampaui ruang kelas”, kata Tuty Marmiaty.


Tema ini sebelumnya langsung diluncurkan oleh ketua Yayasan Guru Belajar, Bukik Setiawan di Jakarta.


Tuty Marmiaty; Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Stabat ini menyatakan kegiatan diisi berbagai sesi.


Sesi talk show dengan narasumber Bupati Langkat yang sekaligus diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Dr. H. Saiful Abdi, SH, SE, M.Pd; Kepala Dinas Kementerian Agama yang diwakili Idris, S.Ag., MA; Sekretaris PGRI Langkat, Sagiono, S. Pd; dan Ketua KGBN Kota Pematang Siantar, Erlina Anriani Siahaan, S.Pd. Erlina juga sekaligus menjadi narasumber di kelas karier guru.


Sementara di kelas kemerdekaan diisi oleh guru dan pengawas Langkat yang telah melakukan praktik baik, yaitu Hartono dari pengawas di Dinas Pendidikan Langkat, Selvia Marya Sartika dari SMPN 1 Stabat,  Ponirin dari SDN 053978 Tanjung Ibus, Nurjana Eka dari SDN 050661 Kwala Bingai, Tiur Sitohang, dari SDN 055999 Kwala Bingai, Siswanto dari SMPN  1 Sei Binanga.


Pelaksana Tugas Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan langkat Dr. H. Saiful Abdi, SH, SE, M.Pd beserta perwakilan Kemenag, Bapak Idris, S.Ag., MA dan Ketua KGBN Langkat, Tuty Marmiaty, M.Pd membuka dan menutup acara dengan khidmat dan sangat antusias.


“Acara ini patut diagendakan dan menjadi kegiatan tahunan di Langkat,” kata Syah Afandin Pelaksana Tugas Bupati Langkat.


Ini sebagai bentuk apresiasi dua tahun Langkat berturut-turut mengadakan acara ini dengan gebyar.


Tahun lalu Langkat bahkan mendapatkan penghargaan dari Yayasan Guru Belajar sebagai salah satu pelaksana Temu Pendidik Nusantara terbaik di daerah dan tahun ini acara ini digelar jauh lebih meriah dengan mengadakan Cerdas Cermat Guru (CCG) sebagai asesmen mengukur kemampuan guru-guru di Langkat dengan berpedoman kepada Perdirjen GTK Nomor 2626 Tahun 2023 tentang model kompetensi guru sebagai acuan untuk pengembangan instrumen pemetaan kompetensi guru.


Cerdas Cermat Guru berlangsung empat babak dengan jumlah 190 tim di mana setiap tim terdiri dari 6 orang peserta. Setidaknya 1.140 orang guru yang mengikuti Cerdas Cermat Guru. “Cerdas Cermat Guru ini langsung di-handle dari pusat, dan kita di daerah hanya pelaksana yang saat ini langsung didampingi perwakilan Yayasan Guru Belajar, Mba Amalia Jianra,” tutur Tuty Marmiati sebagai ketua sekaligus koordinator Temu Pendidik Nusantara X Langkat.


“Peserta dengan skor tertinggi akan mewakili daerah langkat untuk mengikuti Cerdas Cermat Guru di Temu Pendidik Nusantara X Pusat yang akan digelar September di GBK, Jakarta.” Syah Afandin menerangkan.


“Kita bahkan akan memberikan beasiswa kepada peserta untuk langsung mengikuti Cerdas Cermat Guru pusat nanti,” ungkapnya antusias.


Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi hadirnya Komunitas Guru Belajar Nusantara di Langkat.


“Semoga terus bisa berkolaborasi demi peningkatan Pendidikan di Langkat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Saiful Abdi menerangkan.


Turut hadir pada acara ini Helda Ramadhani sebagai perwakilan Bapan Pengurus Nusantara (BPN) KGBN Pusat yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua KGBN Langkat.  Turut hadir juga Arif Rafiyudin dari Jaringan Sekolah Madrasah Belajar (JSMB), Ermawaty dan Devy sebagai perwakilan KGBN Binjai, juga Tiomas Simbolon, M.Pd dari Komunitas Pengawas Nusantara (KPBN) Pusat yang juga sangat antusias melihat keseruan berlangsungnya acara Temu Pendidik Nusantara X Langkat.


Tuty Marmiaty membacakan laporan kegiatan TPN  X langkat dan mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH; Kepala Dinas Pendidikan langkat Dr. H. Saiful Abdi dan Ketua KGBN Langkat; seluruh pengawas; guru; serta semua pihak terkait yang sudah menyukseskan Temu Pendidik Nusantara X Langkat yang sangat meriah dan memberikan pengalaman belajar bermakna bagi guru-guru di Langkat.


“Beasiswa yang akan diberikan kepada kami agar bisa terbang ke Jakarta menghadiri puncak TPN X ini juga menjadi kabar baik sebagai awal untuk peningkatan Pendidikan di Langkat yang jauh lebih progress.” Ujar Tuty.


Penulis: Ari

Editor : Rudi