Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 November 2023, 22:07 WIB
Last Updated 2023-12-07T15:15:05Z
AdvertorialAquabike Jet Ski World ChampionshipDairiDanau TobaOlah raga

Aquabike Jet Ski World Championship Lake Toba, Pesta Olahraga dan Wisata di Dairi


DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Hari ke 2, Acara olahraga bergengsi Aquabike Jet Ski World Championship 2023, resmi dibuka di Kabupaten Dairi oleh Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Kamis, 23 November 2023.


Acara ini dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan para atlet terbaik dari berbagai negara.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyebutkan bahwa event ini merupakan kesempatan emas bagi Kabupaten Dairi untuk mempromosikan potensi wisata dan olahraga kepada dunia internasional.


Ia menunjukkan berbagai potensi wisata Kabupaten Dairi seperti Tao Silalahi, Pantai Paropo, Air Terjun Siringo-ringo, Bukit Siatar Atas, Jembatan Ujung Silalahi, Aek Sipaulak Hosa Loja, dan Tugu Makam Raja Silahisabungan.


“Kabupaten Dairi memiliki berbagai potensi wisata menarik, kekayaan budaya, dan sejarah yang tinggi seperti wisata alam Tao Silalahi, Pantai Paropo, Air Terjun Siringo-ringo, Bukit Siatar Atas, Jembatan Ujung Silalahi, Aek Sipaulak Hosa Loja, dan Tugu Makam Raja Silahisabungan. Dan masih banyak lagi pesona alam yang berada di Kabupaten Dairi,” ujarnya.


Selain potensi wisata alam, Dairi juga dikenal dengan produk unggulan seperti kopi Sidikalang dan ulos tenun Silalahi yang memiliki keunikan tersendiri.


“Kopi menjadi salah satu produk unggulan penopang kehidupan masyarakat yang dikenal dengan nama Kopi Sidikalang yang sudah tersohor di tanah air bahkan mancanegara. Kami juga dengan bangga menampilkan Ulos Tenun Silalahi yang memiliki keunikan tersendiri dengan gabungan 3 kultur yaitu Pakpak, Toba, dan Simalungun. Ulos langsung diproduksi oleh penenun wanita yang berasal dari desa Silalahi,” ucapnya


Dalam event ini, Kabupaten Dairi menjadi tempat pertunjukan budaya yang mengusung konsep tradisional dengan gaya kontemporer.


Festival kuliner, festival UMKM, penampilan artis lokal dan nasional, serta atraksi wisata dengan menampilkan seni budaya kultur di Kawasan Danau Toba semakin memperkaya pengalaman wisata di daerah ini.


Bupati berharap para tamu undangan dan wisatawan tak hanya menonton dan menikmati olahraga, tapi juga dapat merasakan dan menikmati lingkungan wisata yang ada di Kabupaten Dairi.


“Mari nikmati environment wisatanya. Karena Kabupaten Dairi juga hadir melakukan persiapan dengan matang dan berupaya agar seluruh penonton nasional maupun internasional akan betah atau bahkan kembali berkunjung ke Tao Silalahi,” tuturnya.


Bupati Dairi foto bersama juara. (Foto/Istimewa).

Pastorello dari Prancis Juara Aquabike World Championship 2023 di Silalahi


Pastorello, pembalap jetski asal Prancis, berhasil meraih gelar juara dalam acara Aquabike World Championship Lake Toba yang diadakan di kawasan Silalahi.


Dalam keterangan persnya, Pastorello mengaku senang dan bergembira dengan hasil balapan ini. Ia merasakan kelelahan dan kesulitan, namun berhasil meraih garis finish dengan baik.


Ia menjalani balapan dengan baik dan mampu menjaga garis yang bagus.


“Saya suka ombak tetapi ini adalah danau dan tidak ada angin. Kemarin sulit dan hari ini sangat sulit. Ada banyak pembalap bagus dan saya finis ketiga di balapan pertama, pertama di balapan kedua, tapi itu sangat sulit. Jadi, saya sangat senang dan untuk tim saya. Balapan ini sangat menyenangkan.” ujar Pastorello.


Pertarungan dengan para peserta lainnya, seperti Rashed dan Yousef, menjadi bagian dari pengalaman menantang dalam balapan ini.


Pastorello mengatakan bahwa meski mengalami kesulitan pada balapan pertama dan ketiga, ia berhasil meraih posisi ketiga pada balapan pertama dan posisi pertama pada balapan kedua.


Pembalap lainnya, Molina Miranda, merasa senang dan terkesan dengan tempat di mana acara ini diadakan.


Ia menilai kawasan Danau Toba Silalahi sebagai tempat yang sangat bagus, indah, dan sangat berbeda.


Acara Aquabike World Championship Lake Toba di kawasan Silalahi menunjukkan bahwa Indonesia mampu mengadakan event olahraga yang berkelas dunia.


Bupati Dairi terima rekor Muri. (Foto/Istimewa).

Bupati Dairi Terima Piagam Rekor Muri Penari Cawan Terbanyak


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima piagam dan medali museum rekor dunia Indonesia (Muri) atas rekor penari cawan terbanyak yakni 1.200 orang.


Penyerahan piagam dan medali dilakukan di acara Aquabike Jet Ski World Championship Lake Toba 2023 di Kecamatan Silahisabungan.


Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Operasional Muri Yusuf Ngadri.


Selain itu, penghargaan ini juga menjadi sebuah bentuk apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Dairi yang telah berjuang keras untuk menghadirkan pertunjukan Tari Sawan yang ditampilkan oleh sekitar 1.200 siswa tingkat SD-SMP.


“Ini merupakan wujud rasa terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Dairi yang telah bekerja keras untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Dairi, yaitu pertunjukan Tari Sawan yang dibawakan sekitar 1.200 siswa tingkat SD-SMP,” kata Bupati.


Tari Sawan sendiri merupakan jenis tarian yang berasal dari seorang Raja Batak dan dibawakan dengan membawa cawan atau sawan di atas kepala disertai oleh alunan gondang Batak.


Melalui penghargaan ini, Bupati Eddy Berutu memberikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Dairi yang telah turut berpartisipasi dalam mencapai prestasi ini.


Ia berharap, prestasi yang diraih dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk bergerak lebih maju lagi dan mengenalkan keindahan daerah Dairi hingga dunia internasional.


“Melalui momentum ini, mari seluruh jajaran dan masyarakat Dairi untuk bersama-sama kita berdoa dan bergerak mewujudkan Dairi Unggul. Dengan bersama, maka kita dapat perkenalkan keindahan Dairi hingga dunia internasional,” tandas bupati.


Semangat untuk terus berprestasi dan mempersembahkan yang terbaik merupakan sebuah spirit yang patut diteladani.


Kita harus meyakini bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki potensi dan daya tarik yang memukau.


Dalam rangka memajukan daerah, kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menjadi sebuah hal yang sangat penting.


Perayaan Acara Aquabike Jet Ski World Championship di Kabupaten Dairi ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki potensi wisata dan olahraga yang berkelas dunia.


Mari terus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya dan wisata alam Indonesia.


Penulis : Rudi

Editor : Son