Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 24 November 2023, 08:10 WIB
Last Updated 2023-12-08T01:28:25Z
AdvertorialAquabike Jetski World Championship 2023DairiDanau TobaPariwisata

Sukses Aquabike Jetski World Championship 2023, Dairi Optimis Untuk Event Internasional Tahun Depan

Bupati Dairi memberikan sambutan di acara Aquabike Jetski World Championship 2023 Silahisabungan. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang –nduma.id


Aquabike Jetski World Championship 2023 sukses di gelar di Kabupaten Dairi Sumatera Utara, pada 22 November 2023 sampai 23 November 2023, tepatnya di Tao Silalahi.


Sebagai sebuah kompetisi internasional, Aquabike Jetski Championship menjadi ajang populer bagi para penggemar olahraga air.


Dan tahun depan, Kabupaten seputaran Danau Toba bersiap-siap untuk menjadi tuan rumah event berskala internasional lagi.


“Pak Pj.Gubernur sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para bupati di kawasan Danau Toba. Dengan event ini akan terjadi multiplier effect (red: efek ganda), terbukti hari kedua di Dairi cukup crowded (penuh sesak),” kata kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Zumry Sulthoni, S.Sos, Kamis (23/11/2023) kemarin.


Melihat potensial yang dimiliki, Tao Silalahi, Kabupaten Dairi di nilainya menjadi tempat yang cocok untuk menyelenggarakan event ini lagi.


Karena itu Pemerintah Kabupaten Dairi merespon itu dan berencana memanfaatkan kesempatan ini untuk menarik minat turis ke kawasan Danau Toba.


Zumry Sulthoni, S.Sos mengharapkan event ini akan memberikan efek positif pada pariwisata setempat.


“Setiap event pasti ada tahapan, untuk tahun berikutnya ini akan menjadi event tahunan di Danau Toba,” ujar Sulthoni


Even di Tao Silalahi, Kabupaten Dairi di nilainya memiliki potensi untuk menampilkan nilai-nilai kearifan lokal yang unik dan menarik bagi wisatawan.


Karena itu penting bagi pemerintah dan masyarakat setempat untuk memperhatikan higienitas dan pengalaman yang terbaik bagi para wisatawan.


Dari aspek higienitas hingga pelayanan, setiap detail penting untuk memastikan kepuasan para pengunjung.


Melalui event internasional ini, Danau Toba dan sekitarnya akan semakin dikenal sebagai tempat pariwisata yang menakjubkan.


“Kita juga punya kearifan lokal yang mesti dipertahankan. Jadi yang paling sangat sederhana bagaimana pelayanan yang baik, sapta pesona yang baik yang bisa dijaga, karena memang para wisatawan luar negeri termasuk pembalap sangat mengutamakan higienitas. Saya kira Tao Silalahi sangat potensial menyelenggarakan event internasional seperti ini lagi,” tandas Zumry Sulthoni.


Even tahunan ini diharapkan akan memberikan pengaruh positif bagi pariwisata lokal dan meningkatkan daya tarik wisatawan ke kawasan Danau Toba.


DPD RI, Badikenita Putri Sitepu bersamabupati Dairi dan penyelenggara Event foto bersama. (Foto/Istimewa)

Di Apresiasi Berbagai Pihak


Aquabike Jetski World Championship di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara telah berakhir sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.


Kegiatan yang diselenggarakan di Kecamatan Silahisabungan ini dinilai sangat baik dan unik.


Acara Aquabike Jetski World Championship di Kabupaten Dairi ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak.


Founder H2O Racing Nicolo Di San Germano dalam sambutannya, menyebutkan bahwa penyelenggaraan event ini sangat menarik, unik, dan luar biasa.


Jean Bruno Pastorello, salah seorang pembalap asal Prancis yang menjadi juara pertama nomor endurance juga mengakui keistimewaan Tao Silalahi.


Tidak kalah meriah, Rashed Aldawas, pembalap pada posisi kedua Endurance mengapresiasi pelaksanaan Aquabike Jetski di Dairi.


Sementara itu, Alejandro Molina Miranda, pembalap pada posisi ketiga Endurance, menyebutkan bahwa Tao Silalahi merupakan tempat yang sangat indah, nyaman, dan ramah serta memiliki ciri khas tersendiri.


Selain itu pujian juga disampaikan oleh anggota DPD RI, Badikenita Putri Sitepu yang mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat baik dan mendapat apresiasi dari penyelenggara internasional.


“Kita sangat apresiasi Pemkab Dairi dan seluruh jajarannya,” ucapnya, Kamis (23/11/2023).


Kesan pertama dikatakan Badikenita begitu menggoda.


“Sebuah persiapan yang sangat baik telah disediakan Pemkab Dairi dalam event internasional ini. Tadi saya juga sudah bicara dengan event organizer (penata acara) internasionalnya dan mereka mengatakan sangat menyukai persiapan yang dilakukan Pemkab Dairi,” tandasnya.


Tingkatkan Ekonomi Pariwisata, Silahisabungan Optimis Untuk Event Internasional


Even internasional Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023, dinilai positif oleh masyarakat Kecamatan Silahisabungan.


" Kami bersyukur dan apresiasi pemerintah yang telah memperjuangkan kegiatan ini dapat terselenggara di Silalahi," kata Antoni Petrus Silalahi, salah satu Raja turpuk di sana Kamis (23/11/2023).


Kecamatan Silahisabungan katanya memiliki keindahan luar biasa yang perlu dipromosikan ke dunia internasional.


Masyarakat setempat menyambut baik event ini dan menganggapnya sebagai ajang yang penting, terutama dalam meningkatkan ekonomi lokal.


Atlet-atlet dari luar negeri tentunya akan memerlukan berbagai kebutuhan selama mengikuti event ini, dan ini tentunya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat setempat.


Pemerintah setempat pun sangat berperan penting dalam mensukseskan event ini.


"Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan di Tao Silalahi," tandas Antoni.


Eddy Keleng Ate Berutu, Bupati Dairi menyampaikan bahwa kearifan lokal masyarakat Silahisabungan akan menjadi daya tarik utama event ini.


Modernisasi dan perkembangan di sekitar aktifitas pariwisata tidak boleh menghilangkan nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal, inilah yang dipegang teguh oleh para pemimpin daerah setempat.


Karena itu event ini dinilai memiliki dampak positif bagi masyarakat lokal, terutama dalam meningkatkan ekonomi.


"Modernisasi ada dimana-mana, tapi kami ingin kembali ke budaya. Selamat datang kepada seluruh tamu, lihatlah potensi Tao Silalahi yang luar biasa," ucap Eddy Berutu.


Even Aquabike Jetski World Championship 2023 di harapkan dapat memberikan kesan terbaik dan menjadi platform yang baik dalam mempromosikan dan mengeksplorasi keindahan Indonesia di dunia internasional.


Aksi pembalap di Tao Silalahi. (Foto/Istimewa).

Tao Silalahi Tingkatkan Sport Tourism di Indonesia


Sebagai tuan rumah event internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 di Tao Silalahi, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyambut baik kesempatan ini sebagai babak baru bagi Tao Silalahi untuk memiliki sport tourism yang lain ke depannya, dan membangun citra Kabupaten Dairi sebagai tuan rumah event internasional yang sukses.


Melalui event ini, Dia berharap Kabupaten Dairi memiliki kesempatan untuk memperkenalkan diri di tingkat internasional dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada para tamu yang hadir.


"Untuk pertama kali, kami Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah event kelas internasional.  Ini kesempatan baik buat kita untuk memperkenalkan Dairi ke dunia internasional. Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia," kata bupati kepada wartawan, Kamis (23/11/2023).


Berbagai kegiatan yang menghibur, seperti balapan jetski, pentas seni, pentas musik dengan penyanyi terkenal, pemecahan rekor MURI, dan pameran budaya dan UMKM disajikan kepada tamu yang hadir.


"Tentu kesempatan ini jadi babak baru bagi Dairi dan Tao Silalahi untuk mampu menjadi  tuan rumah event sport tourism yang lain ke depannya," sebut bupati.


Bupati Menjelaskan sport tourism mampu meningkatkan ekonomi dan menarik minat wisatawan untuk berlibur dan merasakan pengalaman yang berbeda.


Dengan keindahan alam dan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan sport tourism.


Prestasi Kabupaten Dairi ini di harapkan dapat meningkatkan citra Indonesia hingga ke level yang lebih tinggi.


Even ini tentunya akan menjadi pesta rakyat berskala internasional dan bukan hanya menjadi ajang kompetisi.


Masyarakat setempat dapat memanfaatkan event tersebut untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya serta alam yang dimiliki oleh Dairi ke seluruh dunia.


Keberhasilan kegiatan ini diharapkan menjadi contoh bagi kegiatan-kegiatan internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Kabupaten Dairi dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat.


Balapan jetski internasional di Tao Silalahi ini dimenangkan oleh Jean Bruno Pastorelo dari Perancis, disusul oleh Rashed Alwadas, dan di posisi ketiga Alejandro Molina Miranda.


Even ini juga diisi dengan pemecahan rekor MURI yaitu Tari Cawan dengan peserta terbanyak. 


Penulis : Rudi

Editor : Son