Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 November 2023, 17:55 WIB
Last Updated 2023-11-28T08:33:35Z
Aquabike JetskiDairiDanau Toba

Bupati Dairi Buka Aquabike Jetski World Championship 2023 di Dermaga Silahisabungan

Bupati Dairi membuka event Aquabike Jetski Champion Word 2022. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Silahisabungan - nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka event Aquabike Jetski World Championship Lake Toba di Dermaga Silahisabungan, Kamis 23 November 2023.


Sebagai ajang olahraga bergengsi, event itu diikuti para atlet terbaik dari berbagai negara. 


Eddy Berutu mengatakan event ini merupakan kesempatan emas bagi Kabupaten Dairi untuk mempromosikan potensi wisata dan olahraganya kepada dunia internasional.


Kabupaten Dairi memiliki banyak potensi wisata alam yang masing-masing memiliki pesona sendiri. 


"Kabupaten Dairi memiliki berbagai potensi wisata menarik, kekayaan budaya, dan sejarah yang tinggi seperti wisata alam Tao Silalahi, Pantai Paropo, Air Terjun Siringo-ringo, Bukit Siatar Atas, Jembatan Ujung Silalahi, Aek Sipaulak Hosa Loja, dan Tugu Makam Raja Silahisabungan. Dan masih banyak lagi pesona alam yang berada di Kabupaten Dairi," ujarnya.


Selain itu, Dairi juga menyajikan produk unggulan yang sangat menarik seperti kopi Sidikalang dan ulos tenun Silalahi. 


Eddy Berutu memberikan keterangan bahwa dengan adanya Acquabike World Championship Jetski 2023, masyarakat Kabupaten Dairi dapat lebih dikenal hingga ke mancanegara.


Eddy Berutu juga menyampaikan berbagai kegiatan menarik yang diselenggarakan dalam event tersebut. 


Secara khusus, diungkapkan bahwa Kabupaten Dairi menampilkan keberagaman kultur yang dimilikinya melalui festival kuliner, fashion show, festival UMKM, penampilan artis lokal maupun nasional. 


Kegiatan tersebut menampilkan seni budaya yang ada di Kawasan Danau Toba dan Kabupaten Dairi dengan karakteristik yang sangat berbeda.


Diharapkan para tamu undangan dan wisatawan tidak hanya datang untuk menyaksikan saja, tetapi benar-benar menikmati lingkungan yang ditawarkan. 


"Kopi menjadi salah satu produk unggulan penopang kehidupan masyarakat yang dikenal dengan nama Kopi Sidikalang yang sudah tersohor di tanah air bahkan mancanegara," Sebut Eddy.


Dia mengatakan, Kabupaten Dairi juga bangga menampilkan Ulos Tenun Silalahi pada event itu.


"Tenun Silalahi memiliki keunikan tersendiri dengan gabungan 3 kultur yaitu Pakpak, Toba, dan Simalungun. Ulos langsung diproduksi oleh penenun wanita yang berasal dari desa Silalahi," ucapnya 


Event ini menjadi saksi kesuksesan Kabupaten Dairi menggali potensi wisata dan olahraga yang dimilikinya, serta memberikan kesempatan yang lebih besar untuk memperkenalkan keindahan alamnya. 


Diharapkan dengan adanya Acquabike World Championship Jetski 2023 ini, Kabupaten Dairi dapat meningkatkan perekonomiannya dan menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan nasional maupun internasional.


Penulis : Rudi

Editor : Son