Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 26 November 2023, 13:53 WIB
Last Updated 2023-12-02T06:55:47Z
DairiPesta TuguSilahisabungan

Bupati Dairi Nilai Pesta Tugu Silahisabungan Keberhasilan Melestarikan Budaya Turun Temurun

Bupati Dairi di acara pesta Tugu Silahisabungan. (Foto/Dok.Kominfo Dairi).

DAIRI, Silahisabungan – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, memberikan apresiasi pada seluruh Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan dan seluruh masyarakat Silalahi atas konsistensi dan kerja keras dalam melestarikan budaya secara turun temurun, Minggu 26 November 2023.


Pesta Tugu Silahisabungan adalah salah satu rangkaian kegiatan Pesta Budaya Luhutan Bolon Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja Tahun 2023, Kecamatan Silahisabungan, yang sukses menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.


Menurut Bupati Dairi, perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang semakin pesat membuat beberapa negara atau daerah kehilangan identitas budayanya.

 

Namun, ketika keturunan Raja Silahisabungan dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa kehilangan identitas, itu adalah kebanggaan yang besar.


Hal ini membuktikan peran melestarikan budaya yang sangat penting dengan konsistensi dan kerja keras dari masyarakat Silalahi.


“Perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang semakin pesat mengakibatkan beberapa negara atau daerah kehilangan identitas nya. Namun, suatu kebanggaan yang besar ketika keturunan Raja Silahisabungan dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus kehilangan identitasnya dan tetap melestarikan adat istiadatnya,” ucapnya.


Selain melestarikan adat istiadat, adat terus diwarisi dan dijaga oleh masyarakat setempat dalam rangkaian Pesta Budaya Luhutan Bolon Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja Tahun 2023.


Kegiatan ini juga berpotensi untuk membangun tugu hidup yang melambangkan nilai-nilai kesetiaan dan persaudaraan bagi kaum remaja dan pemuda, sehingga dapat diteruskan di masa depan.


Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan tahun 2023 sangat menarik minat para wisatawan domestik maupun mancanegara, karena kegiatan ini merupakan salah satu pariwisata berbasis budaya.


Selain itu, pada bulan November kemarin, Silahisabungan berhasil menjadi tuan rumah pada event internasional Aquabike, mengenalkan Silahisabungan ke mata dunia dan meningkatkan kunjungan wisatawan.


Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Pesta Tugu Raja Silahisabungan diusulkan agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan nasional dan mengembangkan sarana prasarana wisata Silahisabungan sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri.


Sehingga pesta budaya ini dapat membantu meningkatkan perekonomian lokal, sehingga masyarakat diberikan kesempatan untuk memperoleh kesejahteraan.


“Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dairi, maka akan diusulkan agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan nasional dan mengembangkan sarana prasarana wisata Silahisabungan sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri,” katanya.


Penulis : Rudi

Editor : Son