SMSI

SMSI
Kamis, 30 November 2023, 18:12 WIB
Last Updated 2023-12-01T00:55:30Z
KesehatanStuntingTaput

Taput Raih Penghargaan Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Bupati Taput menerima penghargaan dari PJ Gubsu. (Foto/Tulus).

Taput - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mendapat penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas upaya percepatan penurunan stunting. 


Pj. Gubernur Sumatera Utara memberikan piagam penghargaan langsung kepada Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si, sebagai salah satu dari 10 penerima penghargaan di tingkat provinsi Sumatera Utara tahun 2023 untuk realisasi anggaran dan Pelaksanaan Audit Kasus Stunting (AKS), Rabu 29 November 2023.


Bupati Taput mengatakan untuk meraih penghargaan ini, Pemkab Taput melibatkan seluruh pemangku kepentingan mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan dalam upaya percepatan penurunan stunting. 


"Kita sangat komit dalam percepatan penurunan stunting dan tetap berupaya membuat inovasi di masing masing desa," kata Nikson.


Pemkab Taput juga berkomitmen dalam mengutamakan inovasi di masing-masing desa dan memanfaatkan panganan lokal sebagai prioritas.


"Pemanfaatan panganan lokal menjadi prioritas kita. Desa menjadi lini utama percepatan penurunan stunting. Mudah-mudahan ke depan semakin baik lagi. Audit yang kita lakukan ini bisa menjadi parameter nasional,” tandas Nikson Nababan.


Kadis PPKBP3A Taput juga mengakui komitmen Bupati Taput dalam upaya percepatan penurunan stunting luar biasa dan menciptakan keberhasilan besar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. 


"Luar biasa komitmen Bapak Bupati Nikson dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting sehingga penghargaan demi penghargaan diterima atas komitmen tersebut," katanya.


Visi Kabupaten Tapanuli Utara untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas menjadi fokus dan tujuan utama.


"Bapak Nikson sangat komit dengan pembangunan SDM berkualitas sebagai bagian dari visi Kabupaten Tapanuli Utara.," ujarnya.


Bupati Taput juga diundang sebagai narasumber untuk berbicara tentang Audit Kasus Stunting di Kabupaten Tapanuli Utara dalam sebuah acara Advokasi dan KIE tentang promosi dan KIE Pengasuhan 1000 HPK. 


Penghargaan yang diraih oleh Bupati Taput ini adalah bukti nyata bahwa upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tapanuli Utara terus berjalan dan semakin maju. 


Penulis : Tulus 

Editor : Rudi