Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 30 November 2023, 18:57 WIB
Last Updated 2023-11-30T11:58:52Z
Hari GuruPendidikanSiantar

Puncak perayaan HUT ke 78 PGRI di Siantar, Ini Harapan Kepsek SMPN 12

Foto bersama di acara HGN 2023. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma 


Ribuan guru Kota Pematang Siantar menghadiri acara puncak perayaan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kamis 30 November 2023.


Event itu bertema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" di Auditorium Brigjend Radjamin Purba Universitas Simalungun (USI).


Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri  (SMPN) 12 Pematang Siantar, Imelda Samosir, S.Pd menyampaikan rasa syukurnya meskipun Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMPN 12 tidak mendapatkan nominasi perlombaan Video Pembelajaran tingkat kota Siantar dalam rangka HUT dan HGN Tahun 2023.


"Kebetulan untuk tahun ini kita belum mendapat nominasi perlombaan tetapi untuk tahun depan, saya berharap sekolah kami masuk nominasi perlombaan," ucap kepala Sekolah itu saat diwawancarai awak media.


Lebih lanjut Ibu kepsek itu mengucapkan rasa bangganya kepada pemerintah daerah.


"Ibu walikota Pematang Siantar memberikan apresiasi yang sangat positif kepada guru-guru di Siantar," ucap Imelda.


Kepala Sekolah yang sudah 11 bulan menjabat di SMPN 12 itu memaparkan Acara HGN di Siantar sangat meriah karena ada beberapa perlombaan.


"Perlombaannya ada 4 kategori, ada lomba karya tulis ilmiah, Video Pembelajaran, Progres Platform Merdeka Mengajar dan lomba sekolah sehat," terang Imelda.


Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. 


Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.


"Sebelum walikota datang, acara dimulai dengan seminar dan motivator," ujar kepsek SMPN 12 itu.


"Saya hadir sejak awal hingga akhir acara " tambahnya.


Walikota pematang Siantar dr Susanti Dewayani, menyampaikan guru merupakan pahlawan pembangunan, pahlawan yang memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


Saat ini, lanjutnya, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah banyak melakukan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan guru. 


"Selanjutnya pemerintah meluncurkan program guru penggerak yang akan menjadi nahkoda peradaban pendidikan Indonesia yang akan lebih memberikan warna pada lingkungan pembelajaran untuk mewujudkan Merdeka Belajar," terang dr Susanti.


dr Susanti Kepada sejumlah wartawan, didampingi Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH serta Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar Rudolf Barmen Manurung MPd mengutarakan Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Pendidikan dalam momentum Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI memiliki prioritas dalam meningkatkan status dan kesejahteraan guru. 


Penulis : Ari

Editor : Rudi