Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 25 November 2023, 14:03 WIB
Last Updated 2023-12-02T07:05:23Z
DairiKesehatanPosyanduStunting

Kader Posyandu Dairi Berperan Penting Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Ketua Tim Penggerak PKK Dairi, Romy Mariani Simarmata memberikan arahan. (Foto/Dok.Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat.


Oleh karena itu, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi, Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu, menghadiri jambore kader posyandu yang diadakan di Puskesmas Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Jumat, 24 November 2023.


Dalam jambore ini, Romy Mariani mengatakan posyandu sangat penting bagi masyarakat karena di posyandu kita melayani masyarakat dalam semua siklus kehidupan.


Mulai dari dalam perut, lahir, remaja hingga lansia.


Dalam acara ini, turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Ruspal Simarmata, Kepala Puskesmas Tiga Baru serta Camat Pegagan Hilir Tetap Lingga.


Romy Mariani menjelaskan bahwa berbagai metode pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan.


Dengan adanya kecakapan 25 kompetensi dasar kepada para kader posyandu, maka kemampuan para kader juga akan semakin meningkat.


“Seperti halnya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah akan menambah pengetahuan dan kemampuan para kader. Bukan hanya pengetahuan yang harus di dapat namun cara implementasinya kepada masyarakat,” ujarnya


Romy Mariani mengingatkan bahwa stunting masih menjadi perhatian penting oleh pemerintah, sebagai data yang diperoleh pada tahun 2022 menunjukkan bahwa angka stunting di Dairi mencapai 28,6%.


Hal ini merupakan sebuah kondisi yang tidak bisa diabaikan, mengingat pada tahun 2035, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana usia yang produktif sebanyak 76%.


Peran kader posyandu sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat dan generasi yang ada saat ini harus sehat dan terbebas dari stunting.


Kader posyandu memiliki peran yang penting karena mendekatkan diri dengan masyarakat.


Oleh karena itu, perlu diapresiasi keterampilan yang dimiliki oleh para kader posyandu dalam melayani masyarakat.


Mereka juga harus bangga karena punya peran penting dalam masyarakat. Semoga jambore ini berjalan dengan lancar dan para ibu-ibu bisa semakin meningkatkan keterampilan dalam melayani masyarakat.


Diharapkan acara ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya posyandu bagi kesehatan dan kesejahteraan bersama.


“Oleh karena itu, generasi yang ada saat ini harus sehat dan terbebas dari stunting. Kader posyandu menjadi orang yang penting karena mendekatkan diri dengan masyarakat. Kader posyandu harus bangga karena punya peran dalam masyarakat. Semoga jambore ini berjalan dengan lancar dan para ibu ibu bisa semakin meningkatkan keterampilannya dalam melayani masyarakat,” ucapnya.


Penulis : Rudi

Editor : Son