Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 November 2023, 11:23 WIB
Last Updated 2023-11-23T04:23:32Z
budayaDairiDamau TobaHahomionPariwisata

Pelabuhan Batu Horbo, Terobosan Baru untuk Perekonomian Dairi

Ritual Hahomion peresmian pelabuhan Batu Horbo. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Silahisabungan –nduma.id


Pelabuhan Batu Horbo, di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi Sumatera Utara, resmi dioperasikan Rabu 22 November 2023.


Peluncuran pelabuhan ini disambut antusias warga dan para tamu undangan, termasuk Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, dan tokoh-tokoh adat serta tokoh masyarakat setempat.


Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Dairi, bersama Kepala BPTD Kelas II Sumut, General Manager PT. ASDP, dan Kepala KSOPP Danau Toba.


Sedangkan pengoperasian KMP Jurung-jurung diwarnai dengan ritual Hahomion Mangelek dan meminta restu dari para leluhur agar perjalanan KMP Jurung-jurung ini dijauhkan dari marabahaya.

 

"Kita hantarkan KMP ini dengan diawali doa dan Mangelek arwah leluhur pendahulu kita, dengan harapan kiranya perjalanan KMP dan pelayanan Pelabuhan Batu Horbo ini kedepan selalu lancar, dijauhkan dari marabahaya," kata Daulat Rumasingap, salah seorang perwakilan tokoh adat Raja 18 yang dipercaya melakukan ritual ini.

 

Pelabuhan Batu Horbo ini diharapkan dapat membuka akses dan meningkatkan perekonomian Kabupaten Dairi, yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, dengan menggunakan kerbau sebagai alat transportasi.


Sebagai sebuah terobosan baru, pelabuhan ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi masyarakat setempat dalam memajukan ekonomi dan pariwisata.


Sejarah dan filosofi nama Pelabuhan Paropo sendiri tidak terlepas dari hubungan masyarakat setempat dengan leluhur pendahulunya.

 

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai mahluk beradab dan beradat untuk menghormati para leluhur yang telah memberikan warisan budaya dan alam yang indah kepada kita.


Peresmian Pelabuhan Batu Horbo ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat, unsur Forkopimda, termasuk Kapolres Dairi, AKBP Agus Bahari, Dandim 0206 Dairi, Goklas Pirtahan Silaban, dan undangan lainnya. 


Bersama-sama, mereka berharap bahwa pelabuhan ini dapat mempercepat pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Dairi.

 

Diharapkan dengan adanya pelabuhan baru ini, pengembangan wisata dan ekonomi kawasan Danau Toba khususnya di Kabupaten Dairi dapat berkembang semakin luas dan terbuka bagi para wisatawan dan pelaku usaha. 


Penulis: Rudi

Editor : Son