Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 November 2023, 11:17 WIB
Last Updated 2023-11-23T04:17:19Z
DairiDanau TobaPariwisataPelbuhan

Pelabuhan Paropo Batu Horbo dan KMP Jurung-jurung diresmikan

Bupati Dairi menggunting pita. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Silahisabungan – nduma.id


Pelabuhan Paropo Batu Horbo dan KMP Jurung-jurung diresmikan, Rabu 22 November 2023 oleh Bupati Dairi, Eddy Berutu, bentuk pembangunan Dairi Unggul untuk kesejahteraan masyarakat.


"Keberadaan pelabuhan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat Kecamatan Silahisabungan dan Kabupaten Dairi. Melalui adanya pelabuhan ini, maka Dairi telah memasuki babak baru menuju pembangunan Dairi Unggul untuk kesejahteraan masyarakat," kata bupati.


Pelabuhan Batu Horbo dikatakan memiliki potensi besar untuk meningkatkan konektivitas dengan daerah sekitarnya di sektor transportasi dan pariwisata.


"Pelabuhan Batu Horbo akan digunakan sebagai titik pemberangkatan dan kedatangan kapal penumpang dan barang yang meningkatkan konektivitas dengan daerah sekitarnya. Serta akan menjadi daya tarik wisatawan yang menawarkan keindahan panorama Tao Silalahi," ucapnya.


Diharapkan, pelabuhan ini dapat menjadi pusat perdagangan lokal atau regional yang akan membantu meningkatkan aktivitas ekonomi di sekitar danau.


"Kita harapkan pelabuhan ini dapat menjadi tempat diadakannya pertunjukan seni atau festival di sekitar dermaga untuk membantu menghidupkan dan mempromosikan budaya lokal serta meningkatkan kesadaran wisatawan tentang warisan budaya daerah," ucapnya. 


Bupati Dairi Eddy Berutu mengungkapkan, pengembangan lintasan trayek dari Silalahi menuju Simanindo akan terealisasi pada tahun 2024 mendatang, trayek ini akan memperpendek jarak tempuh dari Silalahi ke Samosir dari 3 jam melalui darat menjadi 45 menit melalui danau.


Melalui peresmian pelabuhan ini, diharapkan masyarakat Kecamatan Silahisabungan dan Kabupaten Dairi dapat merasakan manfaatnya.


"Besar harapan saya, keberadaan Pelabuhan ini didukung oleh masyarakat kecamatan Silahisabungan secara positif untuk kemakmuran masyarakat sehingga harapan kita mewujudkan Dairi unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman segera kita rasakan," katanya.


Pelabuhan Paropo Batu Horbo diharapkan dapat mendorong perkembangan perekonomian daerah yang berbasis alam dan budaya yang merakyat dan berkelanjutan, serta membantu mempromosikan keindahan panorama Tao Silalahi.


Penulis: Rudi

Editor : Son