Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 28 November 2023, 13:11 WIB
Last Updated 2023-11-29T06:15:23Z
Informasi PublikKaroKeterbukaan Informasi

Pemkab Karo Sosialisasi Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi

Suasana sosisalisasi. (Foto/Dok.Kominfo Karo).

KARO, Kabanjahe  - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Karo menggelar sosialisasi Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2023.


Sosialisasi itu di gelar di Hotel Sibayak, Berastagi Senin 27 November 2023.


Sekretaris Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, menekankan pentingnya transparansi dan keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

 

Hal ini diamanatkan oleh UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dan setiap informasi dan dokumen publik di lingkungan pemerintah daerah dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik.


"Untuk itu Pemerintah Kabupaten Karo sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan melalui kegiatan ini diharapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada setiap perangkat daerah dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman dan tata cara penyelenggaraan kegiatan PPID," ungkap sekda.


Sekda Kabupaten Karo juga menyampaikan bahwa Kabupaten Karo telah memperoleh Anugrah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 sebagai Badan Publik Informatif yang diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara.


Hal tersebut menunjukkan komitmen pemerintah untuk lebih transparan dalam memberikan informasi kepada masyarakat.


Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang tata cara penyelenggaraan kegiatan PPID sehingga dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat.


"Dengan diperolehnya anugerah ini, diharapkan agar setiap PPID pelaksana pada setiap perangkat daerah dapat lebih transparan dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan informasi," ucap sekda.


Dukungan dan partisipasi semua pihak dikatakan sangat penting dalam mewujudkan transparansi dan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Karo.


Penulis : Rudi

Editor : Son