Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 29 November 2023, 16:15 WIB
Last Updated 2023-11-29T09:15:32Z
BabinkamtibmasPemilu 2024Siantar

Satuan Binmas Polres Siantar Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai, Ajakan

Babunkamtibmas Sambang warga di Jalan Surabaya. (Foto/Ari).

Siantar – nduma.id


Polres Pematang Siantar mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi aman dan damai pada setiap tahapan pemilihan umum 2024.


Karena itu Kapolres Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, melalui Kasat Binmas AKP Jahrona Sinaga dan KBO Sat Binmas IPTU Nana Sandra, rajin melakukan sambang kepada masyarakat.


Selasa, 28 November 2023, giat sambang itu di gelar di Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar .


Disana AKP Jahrona mengajak masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat menimbulkan keresahan serta permusuhan sesama warga masyarakat dalam menciptakan pemilihan umum yang damai pada tahun 2024.


Ia menjelaskan bahwa kegiatan sambang kamtibmas ini merupakan salah satu bentuk kehadiran Polri ditengah masyarakat serta sebagai bagian dari sistem kolaborasi untuk mewujudkan pemilihan umum yang aman, lancar, dan sukses.


"Kegiatan sambang Kamtibmas ini sebagai wujud kehadiran Polri ditengah masyarakat dan Colling sytem untuk mewujudkan Pemilu Damai tahun 2024 yang aman, lancar dan sukses," terang AKP Jahrona.


Dalam konteks kemajuan teknologi yang semakin pesat, mudahnya akses informasi yang tersebar luas, dan beragamnya platform media sosial, maka penting bagi masyarakat untuk lebih bijak dalam memperoleh informasi dan menyebarluaskannya.


Masyarakat harus bijak dalam menyimak dan menyeleksi setiap informasi yang diterima serta menghindari penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat merugikan banyak pihak.


Masyarakat juga perlu mengedepankan sikap yang responsif dan bijaksana dalam menghadapi suasana kegiatan pemilihan umum dan ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga situasi yang aman dan damai.


Semua pihak harus memahami bahwa pemilihan umum yang damai bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah maupun aparat keamanan saja, melainkan menjadi kewajiban bersama seluruh warga negara sebagai bentuk dukungan terhadap proses demokrasi tersebut.


Dalam konteks ini, ajakan dan upaya yang dilakukan oleh Satuan Binmas Polres Siantar merupakan langkah penting dalam menjalin hubungan yang baik antara aparat keamanan dengan masyarakat.


Kehadiran Polri ditengah masyarakat menjadi semakin dekat dan terasa nyata, sehingga masyarakat merasa aman dan terlindungi selama kegiatan pemilihan umum berlangsung.


Penulis : Ari

Editor : Rudi