Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 01 Desember 2023, 09:16 WIB
Last Updated 2023-12-01T02:16:45Z
DairiHari GuruMerdeka Belajar

Bupati Sebut Dairi Berhasil Melaksanakan Program Implementasi Merdeka Belajar

Bupati Dairi di Acara Peringatan Hari Guru. (Foto/Dok.Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, mengumumkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah berhasil melaksanakan program implementasi merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan.


Hal itu diungkapkan pada saat Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Stadion Utama Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Selasa 28 November 2023.


Eddy Berutu juga menyatakan bahwa capaian Dairi terkait akun belajar berada pada posisi 90,2%  dan data di platform Merdeka Mengajar.


“Capaian Dairi terkait akun belajar yang menjadi muara dari beberapa platform saat ini berada pada posisi 90,2%. Demikian juga dengan data di platform Merdeka Mengajar,” ucap Eddy Berutu.


Pemkab Dairi berada pada posisi kedua sebagai komunitas di Sumatera Utara, dan berhasil mengimbaskan sejumlah 38.100 siswa di belajar.id dan berada pada urutan keempat Nasional.


Numerasi atau gasing pun berhasil diimbaskan secara merata pada pelajar tingkat SD dan SMP.


Di bidang literasi, Pemkab Dairi berhasil membawa nama Dairi dan Budaya Pakpak dalam sumber bacaan buku Kemendikbud Ristek 2023 melalui salah satu penulis asal Dairi bernama Ahmad Zainuddin Ujung, S.Pd.


Bupati Eddy Berutu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, seperti Dinas Pendidikan, Sekolah Penggerak, Sekolah Terintervensi Program Organisasi Penggerak, Guru Penggerak, Narasumber Berbagi Praktik Baik (NSBPB), serta seluruh komunitas dan trainer yang telah memberikan warna di Kabupaten Dairi.


“Capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras Dinas Pendidikan, bapak ibu baik dari Sekolah Penggerak, Sekolah Terinversi Program Organisasi Penggerak, Guru Penggerak yang merupakan aset Kabupaten Dairi, Narasumber Berbagi Praktik Baik (NSBPB), dan seluruh komunitas maupun trainer dan yang ada di hadapan saya ini. Oleh karena itu melalui Perayaan HGN 2023 ini saya mengucapkan selamat dan terima kasih telah memberi warna di kabupaten Dairi, ” ucapnya.


Namun, ia juga menyadari bahwa masih banyak hal yang harus dikerjakan melalui kolaborasi yang lebih intens.


Hal tersebut diperlukan untuk dapat mewujudkan pelajar ber-Profil Pelajar Pancasila yang dapat maksimal. Oleh karena itu, Bupati berharap adanya sinergi dan kerjasama pada semua sektor yang ada di Kabupaten Dairi.


“Sejalan dengan hal tersebut, kita juga optimis dapat mewujudkan visi Kabupaten melalui kolaborasi dan sinergitas pada semua sektor yang ada di Kabupaten Dairi. Hendaknya kita semua saling bersinergi dan bergerak untuk bersatu padu memaksimalkan semua sektor demi mewujudkan tujuan bersama khususnya tujuan pendidikan Nasional,” katanya.


Dalam rangkaian perayaan HGN 2023, Eddy Berutu juga memberikan penghargaan kepada guru dan sekolah berprestasi.


Semoga capaian dalam bidang pendidikan di Kabupaten Dairi dapat terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi