Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 01 Desember 2023, 09:37 WIB
Last Updated 2023-12-01T02:37:37Z
Pakpak BharatPariwisataPelatihan

Pemkab Pakpak Bharat Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Kepariwisataan

Foto bersama usai Pelatihan. (Foto/Dok.Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat menyelenggarakan pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi kepariwisataan bagi pelaku usaha di wilayah tersebut.


Pelatihan ini diadakan di Balai Diklat BKPSDM Pakpak Bharat, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi fasilitator experiential learning (FASEL) dalam bidang tata kelola, bisnis, dan pemasaran destinasi pariwisata.


Plt. Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pakpak Bharat, Maranathan M Padang, S.Pd, M.Si, menjelaskan bahwa sasaran dari pelatihan ini adalah agar peserta dapat memahami pentingnya tata kelola pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, serta komponen-komponen dan faktor penting dalam pengembangan dan penyelenggaraan tata kelola, pengelolaan bisnis, dan pemasaran.


“Sasaran yang harus di capai dari pelatihan ini adalah agar peserta mengetahui dan memahami penting nya tata kelola pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, komponen-komponen dan faktor faktor penting dalam pengembangan dan penyelenggaraan tata kelola, pengelolaan bisnis dan pemasaran, peserta dapat melakukan evaluasi terhadap upaya tata kelola, pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata yang di lakukannya,” jelasnya, Kamis (30/11/2023). 


Peserta juga diharapkan mampu melakukan evaluasi terhadap upaya tata kelola, pengelolaan bisnis, dan pemasaran destinasi pariwisata yang dilakukannya.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, menyatakan bahwa hasil dari pelatihan ini harus terlihat dan peserta harus mendapatkan ilmu yang bermanfaat.


Harapannya, melalui pelatihan ini, para pelaku usaha di bidang pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat dapat menumbuhkan potensi sektor pariwisata yang lebih baik dan berkualitas, sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan internasional.

 

Pelatihan ini adalah langkah penting bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat.


Diharapkan, para pelaku usaha di bidang pariwisata dapat terus meningkatkan kualitas layanan mereka agar dapat memenuhi kebutuhan wisatawan, serta memperlihatkan potensi keindahan alam dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh wilayah tersebut.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi