Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 04 Desember 2023, 18:52 WIB
Last Updated 2023-12-05T11:56:34Z
BasarnasHanyutMedan

Pencari Kepiting Hilang di Laut Belawan

Korban setelah di evakuasi. (Foto/Dok. Basarnas)

Medan - nduma.id


Syahrizal Marpaung, seorang nelayan warga lingkungan 5 Bahan Deli Ujung Tanjung, Kecamatan Medan Belawan, hilang saat sedang mencari kepiting di perairan Belawan. 


Operasi pencarian dilakukan oleh tim dari Basarnas Medan selama 3 hari, dan akhirnya pada hari keempat berhasil menemukan jasad korban di sekitar perairan Belawan pada hari Senin sekitar pukul 11 siang.


Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, S.E., M.M., mengungkapkan bahwa korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju dermaga pelabuhan Belawan menggunakan RIB (Regead Inflatable Boat) milik Basarnas Medan. 


Keluarga korban menyambut kepulangan jasad Syahrizal.


"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia siang tadi sekitar Pukul 11.00 Wib," ucap Budiono, Senin (4/12/2023).


Sebelumnya, pada hari Jumat tanggal 1 Desember 2023, korban dan rekannya sedang mencari kepiting menggunakan perahu dengan menggunakan bubu kepiting. 


Di saat yang tak terduga, sekitar pukul 05.30 WIB, korban terjatuh di laut dan tidak ditemukan oleh rekannya meski sudah berusaha mencari. 


Pada pukul 09.00 WIB, rekan korban mencari sinyal hp dan kemudian menghubungi keluarga korban untuk memberi tahu peristiwa tersebut. 


Kemudian keluarga korban melapor kepada ketua HNSI dan Nahkoda RB 203 Medan untuk segera melakukan pelaksanaan operasi SAR.


Penulis : Rudi

Editor : Son