Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 22 Desember 2023, 16:33 WIB
Last Updated 2023-12-24T09:35:56Z
MedanNatal dan Tahun BaruPoldasu

Poldasu Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2023, Pastikan Nataru Kondusif

Pj Gubsu memberikan keterangan usai apel gelar pasukan. (Foto/Istimewa).

Medan – nduma.id


Perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi momen yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia.


Dalam rangka memastikan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 itu berjalan dengan kondusif., Polda Sumatera Utara menggelar Operasi Lilin Toba 2023


Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memimpin apel gelar pasukan dalam pengamanan Nataru tersebut, Jumat, 22 Desember 2023.


Turut hadir dalam acara tersebut Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Kodam I Bukit Barisan, serta para PJU Polda Sumut.


Kapolda Sumut membacakan amanat Kapolri yang menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan Perayaan Natal serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.


Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus pastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo.


"Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman, lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 tetap harus direncanakan dan dipersiapkan sehingga berjalan aman," ujarnya.


Operasi Lilin Toba 2023 yang digelar harus memberikan dampak positif dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh elemen masyarakat.


Pengamanan ini penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas.


Operasi ini akan digelar selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.


"Pengaman ini penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilisasi," ungkapnya


Dalam operasi ini, personel TNI/Polri dan pemda mitra kamtibmas beserta stakeholder terkait dikerahkan untuk menjaga keamanan selama Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.


Diharapkan kegiatan Nataru dapat berjalan kondusif tanpa adanya gangguan.


Polda Sumut bersama stakeholder terkait juga telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dalam menekan angka kecelakan lalu lintas di Sumatera Utara.


Sejumlah posko pelayanan terpadu juga didirikan dalam menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas.


Kapolda Sumut menambahkan, pada kesempatan ini, ia mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh personel dan berharap Operasi Lilin Toba 2023 yang digelar berjalan lancar. Dengan dikerahkannya personel TNI/Polri, pemda mitra kamtibmas beserta stakeholder terkait, diharapkan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan sesuai dengan rencana dan terjaga keamanannya.


Dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat juga diharapkan dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan Nataru 2024.


Penulis : Rudi

Editor : Son