Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 28 Februari 2024, 19:06 WIB
Last Updated 2024-02-28T12:06:02Z
DairiKomisi Pemilihan UmumPemilu 2024Rekapitulasi

KPU Dairi Mulai Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum 2024 Tingkat Kabupaten

Suasana pembukaan pleno tingkat Kabupaten Dairi. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi mulai melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2024 tingkat kabupaten.


Rekapitulasi dilakukan di Aula Hotel Mutiara Dairi, di Jalan Parluasan Sidikalang, Kabupaten Dairi, pada hari Rabu tanggal 28 Februari 2024 


Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga, menjelaskan bahwa rekapitulasi yang dilakukan merupakan tahap lanjutan dari tahapan Pemilihan Umum. 


Sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017, rekapitulasi dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kecamatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dilanjutkan oleh KPU kabupaten/kota, kemudian oleh KPU Provinsi, dan pada tahap akhir diselenggarakan oleh KPU RI.


"Jadi sampai saat ini kita masih dalam tahapan dan batas waktu yang ditentukan undang-undang nomor 7, karena belum melebihi dan melewati batas waktu 20 hari setelah pemungutan suara," kata Freddy.


Freddy menekankan bahwa rekapitulasi tingkat kabupaten/kota harus selesai selambat-lambatnya 20 hari setelah pemungutan suara, dan saat ini masih dalam waktu yang ditentukan oleh undang-undang tersebut.


Rekapitulasi yang dilaksanakan ini adalah kelanjutan dari rekapitulasi berjenjang yang telah dilakukan oleh PPK di 15 kecamatan di Kabupaten Dairi.


" Hari ini 5 kecamatan yakni, Berampu, Siempat Nempu Hulu, Gunung Sitember, Siempat Nempu dn Sitinjo," terang Freddy.


Dalam kesempatan ini, Freddy juga mengajak semua pihak untuk sukses dalam tahapan Pemilihan Umum 2024, dan menyatakan harapannya untuk menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten dengan damai dan cinta kasih, karena Pemilihan Umum tahun ini bertepatan dengan hari kasih sayang.


"Untuk itu mari kita sukseskan tahapan Pemilu 2024 bersama- sama, dan kita selesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten dengan damai dan cinta kasih, karena Pemilu tanggal 14 Februari  bertepatan dengan hari cinta kasih," ujarnya. 


Assisten 1 Bupati Dairi, Johny Hutasoit, mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilihan Umum, mulai dari KPU, PPK, POS, KPPS dan Bawaslu beserta jajarannya. 


Ia juga menyampaikan apresiasi dan penghormatan yang tulus kepada aparat keamanan yang menjaga kondusifitas di Kabupaten Dairi selama Pemilihan Umum berlangsung.


Johny mencatat bahwa tahapan rapat pleno tingkat kabupaten yang dilaksanakan hari ini adalah tindak lanjut dari rangkaian tahapan Pemilihan Umum, dan ia berharap agar rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten berjalan aman, tertib, dan lancar. 


Suksesnya Pemilihan Umum di Dairi tak terlepas dari kerjasama dan kolaborasi serta persiapan yang matang dari seluruh penyelenggara, pengawas Pemilihan Umum, unsur Forkopimda, serta dari partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum.


Penulis : Rudi

Editor : Son