Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 08 Maret 2024, 11:47 WIB
Last Updated 2024-03-08T04:47:35Z
Idul FitriInflasiMudikPakpak Bharat

Pakpak Bharat Siap Jaga Pasokan Bahan Pokok dan Program Mudik Gratis Tekan Inflasi

Bupati Pakpak Bharat berbincang dengan PJ Gubsu. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, menghadiri Rapat High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, 7 Maret 2024.


Dalam rapat tersebut, Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Dr Hassanudin, menekankan pentingnya menjaga pasokan bahan pokok di daerah, terutama menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri.


Sebagai upaya untuk menahan laju inflasi, Dr Hassanudin mendorong para Kepala Daerah se-Sumatera Utara untuk melaksanakan operasi pasar murah secara masif. 


Ia juga mengajak lembaga seperti Bulog, produsen, dan distributor minyak goreng, gula, dan telur ayam untuk melakukan pasar murah langsung menyentuh konsumen akhir terutama masyarakat kelas bawah.


"Kami juga mengajak Bulog, produsen dan distributor minyak goreng, gula, telur ayam juga dapat melakukan pasar murah yang langsung menyentuh konsumen akhir terutama masyarakat kelas bawah," ungkap Hassanudin.


Selain itu, Penjabat Gubernur Sumatera Utara juga mendorong program mudik gratis di Hari Raya Idulfitri 2024. 


Dr Hassanudin menyadari bahwa sektor transportasi termasuk salah satu pemicu inflasi, sehingga program mudik gratis perlu disiapkan dengan baik agar berjalan smooth dan dapat menekan laju inflasi yang diperkirakan akan mengalami kenaikan menjelang hari raya.


"Untuk itu segera dipersiapkan dengan baik program mudik gratis, agar berjalan dengan baik, kita yakin akan dapat menekan laju inflasi yang diperkirakan pada momen hari raya akan mengalami kenaikan," kata Hassanudin


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, juga menyatakan komitmennya dalam menjaga pasokan bahan pokok di daerah dan mendukung program operasi pasar murah. 


Ia berharap upaya ini dapat membantu masyarakat, khususnya yang berada pada kelas bawah, dalam menghadapi situasi sulit akibat inflasi.


"Tadi kita menerima arahan dari bapak Gubernur, utamanya menjaga pasokan bahan-bahan pokok di Daerah tetap aman menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri," jelas Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor usai mengikuti rapat.


Dalam menghadapi situasi ekonomi yang sulit, kerja sama antara pemerintah daerah, Bulog, produsen, distributor, dan seluruh masyarakat dikatakan bupati menjadi sangat penting, khusunya untuk menjaga kestabilan harga barang dan menekan laju inflasi. 


Program mudik gratis juga merupakan salah satu upaya yang sangat dibutuhkan dalam mengurangi beban biaya transportasi bagi masyarakat pada momentum Hari Raya IdulFitri. 


Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan situasi ekonomi di daerah dapat lebih stabil dan perkembangan ekonomi masyarakat dapat lebih terjaga.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son