Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 09 Maret 2024, 08:16 WIB
Last Updated 2024-03-09T01:16:47Z
Kaldera TobaMedanPeluncuran BukuSerikat Media Siber Indonesia

SMSI Terbitkan Buku Bertajuk “Ekspedisi Kaldera Toba, Peduli Ekosistem, Catatan Jurnalistik Media Siber"

Buku Ekspedisi Kaldera Toba. (Foto/Istimewa).

Medan-nduma.id


Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Utara meluncurkan buku "Ekspedisi Kaldera Toba, Peduli Ekosistem, Catatan Jurnalistik Media Siber" di momen perayaan ulang tahun ke-7 mereka pada tahun 2024.


Buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap Geopark Kaldera Toba, taman bumi warisan yang diakui UNESCO yang saat ini berpredikat kuning.


Hal itu menjadi aksi nyata yang dilakukan oleh SMSI untuk memajukan Sumut, salah satunya adalah memperbaiki predikat Geopark Kaldera Toba menjadi hijau.


Menurut Erris J Napitupulu, Ketua SMSI Sumut, buku tersebut adalah karya terobosan SMSI untuk Indonesia, yang telah diluncurkan secara nasional di Jakarta pada 2023 oleh SMSI Pusat.


Peluncuran akan digelar di Lotus Room Hotel Grand Mercure, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Jumat 8 Maret 2024 malam.


"Buku Expedisi Kaldera Toba ini kami luncurkan tepat di hari jadi ke-7 SMSI (7 Maret 2017 - 7 Maret 2024), sebagai tanda bahwa SMSI di usia yang ketujuh tahun, terus berbuat untuk kemajuan Sumut, salah satunya Geopark Kaldera Toba," ujar Erris di Medan, Jumat pagi.


Melalui buku ini, SMSI Sumut berharap dapat mengajak seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap Geopark Kaldera Toba dan memajukan pariwisata Danau Toba.


Buku "Ekspedisi Kaldera Toba, Peduli Ekosistem, Catatan Jurnalistik Media Siber" terinspirasi dari kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba oleh SMSI Sumut pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Sumut.


Seluruh perwakilan pengurus SMSI se-Indonesia yang menjadi peserta ekspedisi mengeksplorasi potensi dan keunggulan geosite-geosite Kaldera Toba lewat cerita menarik dalam tulisan dan video di media siber masing-masing.


Buku tersebut terbit atas kerja sama antara seluruh perwakilan yang tergabung dalam SMSI dan juga berkat arahan ketua umum SMSI Pusat dan Sekjen SMSI yang juga sebagai editor.


"Beragam tulisan inilah yang kemudian kita satukan dan tuangkan dalam buku ini, melalui arahan Pak Firdaus selaku Ketua Umum SMSI Pusat dan Pak M Nasir, Sekjen SMSI yang juga sebagai editor," ujar Erris.


Peluncuran buku ini dihadiri oleh penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin, Forkopimda Sumut, para kepala daerah di kawasan Danau Toba, sejumlah tokoh lain, serta kalangan pemuda dan mahasiswa.


Pemprov Sumut memberikan dukungan untuk memperbanyak eksemplar buku dan dukungan untuk pelaksanaan peluncuran.


Buku "Ekspedisi Kaldera Toba, Peduli Ekosistem, Catatan Jurnalistik Media Siber" inilah yang dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk lebih mengetahui proses dan tantangan dalam mempertahankan kelestarian Geopark Kaldera Toba dan juga pariwisata Danau Toba.


Semua stakeholder perlu bersama-sama mendukung Geopark Kaldera Toba dan memperbaiki predikat menjadi hijau untuk masa depan yang lebih baik.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son